Andhy Fathoni

tentang sebuah perjalanan…

Tentang Andhy

with 36 comments

My PhotographAndhy Muhammad Fathoni adalah seorang putra dari orang tua yang luar biasa yaitu Aiptu Supriyo dan Amin Sunarni, S.Ag. Kakak dari seorang jagoan yang membanggakan, yang saat ini sedang menempuh kuliah di Fakultas Kedokteran UMY Arvian Muhammad Barid .

Dimasa kecilnya andhy ini berkutat dengan berbagai hal yang menyenangkan. Ia sudah bisa lancar membaca ketika berumur 4,5 tahun dan bisa membaca Al Quran ketika TK. Ia sehari-hari ketika balita diasuh oleh neneknya dan seorang pembantu (saya lupa namanya hehe). Pernah dikunci di rumah sama sang pembantu ketika sedang tidur sampai nangis2. Ketika SD, sehari2 ia bersama neneknya. setiap hari makan mi. pantesan kurus. Kalau kata neneknya, dia ini pernah hampir meninggal bersama neneknya karena jatuh akibat kesetrum. Alhamdulillah masih baik2 saja…

Hari2nya diisi dengan main ke sawah. baginya, sawah adalah ladang bermain terbaik. Kalau sudah disawah, ia bisa melakukan apapun bersama teman2nya. Tentu saja banyak sekali pengalamannya mencuri buah2an di sawah. hahaha. Ia pernah menyesal setengah mati ketika layangannya kesangkut di pohon kelapa. Layangan waktu itu 300 rupiah dan ibu bilang tak mau membelikannya lagi. Hikz… Uang jajannya hanya 100 rupiah. itupun kadang2. sampai suatu hari, ia tidak dikasih uang jajan. Lalu nyari2 uang di kantong, eh, ketemu uang logam kecil, 25 rupiah !!! wah, dia senang sekali dan langsung berlari ke kantin buat beli permen. hehe. Untuk menambah uang jajannya, ia mencari melinjo di kebun lalu menjualnya di pasar. 1 kg melinjo bisa dihargai 250-750 rupiah. lumayan kan ?? hehe. kadang2 ia juga menjual kotak2 bekas punya bapaknya. lumayan, buat beli gulali. hehehe. katanya sih, ia menunjukkan prestasi luar biasa di SD. Rangking 1 teruuus.. tapi hanya diantara 8 orang. hehe

Kebiasaan prihatinnya kembali lagi ketika SMP. Ia diterima di sebuah SMP favorit di Kulon Progo yaitu SMP 1 Wates. Ia harus mengayuh sepeda sejauh 5-6 km sebelum mendapat angkutan kota. kalau sudah kesorean, ia akan berjalan kaki berkilo2 untuk pulang, atau memberhentikan truk lewat. biasanya, ia harus duduk di atap angkot atau bergelantungan di belakang angkot. Ia pernah hampir celaka karena kebiasaan itu. Waktu itu, ia bergelantungan bersama 5-7 orang di belakang angkot. angkot melaju kencang. Sayang, saking sesaknya, pegangannya hampir lepas dan kakinya di angkot mungkin tinggal 10%. Pokoknya tinggal menunggu waktu untuk jatuh. Akhirnya wajah takutnya keluar dan mendesis,”eehhh…”. Tiba2, ada sebuah tangan yang menariknya dan memegangnya erat.  seorang kakak dari SMP 5 Wates. Subhanallah, ia selamat. Entah kakak itu ada dimana sekarang. Semoga ia senantiasa sehat dan dikaruniai barokah yang luar biasa.

Di SMP, kelas 1, ia dikenal sangat bodoh dalam bahasa inggris. nilainya selalu 6. Dia malu sekali akan hal itu. Oleh karena itu, ia belajar bahasa inggris mati-matian…

Sejak SMP, ia aktif di berbagai organisasi. Ia adalah ketua pertama Casello Speaking Club dan pernah masuk jadi grand finalist (10 besar) di lomba speaking contest se-Jawa Tengah. Di SMA ini pengalaman menulisnya dimulai. Ia terseleksi dan menjadi wakil Kulon Progo di Bengkel Bahasa dan Sastra Indonesia. Dari sana, ia dan beberapa rekannya berhasil menerbitkan buku puisi berjudul “Jejak Pelangi”. Puisi2nya dmuat di beberapa surat kabar dan media. Salah satu puisinya pernah menyedot perhatian dengan judul,”Segenggam Cinta : Atjeh !!”. Sebuah puisi yang ia buat sesaat setelah tragedi tsunami Aceh. Sayang sungguh sayang, puisi yang dimuat di Kedaulatan Rakyat tersebut tidak terdokumentasi. Ia pun sudah lupa seperti apa puisi itu. hehe.

Dari SMA 1 Wates, ia melanjutkan pendidikannya di Universitas Gadjah Mada, Jurusan Teknik Fisika. Karir jurnalistiknya terus berlanjut, hampir setiap minggu ia bisa membuat puisi berdasarkan pesanan. Majalah Minimagz adalah pelanggan tetap puisinya dimana saat itu dia adalah kolumnis tetap di rubrik “Sastra Kite”. Ia pun sempat beralih ke Jurnalistik media dimana ia juga terpilih dalam Tim Jurnalistik Independen UGM.  Ia pernah mengikuti lomba pembuatan koran yang diadakan HMTI UGM dan berhasil meraih Juara 1 pada kompetisi itu. Setelah itu, ia direkrut sebagai reporter di Warta Teknik UGM. Inilah karir Jurnalistik profesional pertamanya. Dari Warta Teknik ia beralih ke majalah Expand sebagai koresponden Jogja. Sayang, karena kesibukannya, ia memilih mundur setelah 1 bulan di Expand.

Jauh dari itu, ia menjadi salah satu produk kader energi di UGM. Beberapa kali ia menjadi pembicara pada seminar-seminar energi. Salah satunya adalah ketika ia menjadi pembicara pada salah satu seminar nasional. Bersama 4 orang temannya, ia aktif di Komunitas Mahasiswa Sentra Energi (Kamase). Berita mengenai aktifitasnya bersama rekan-rekannya di Kamase menghampiri berbagai koran-koran dan majalah besar. Tercatat Kompas, Jawa Pos, Kedaulatan Rakyat, Majalah Adil, Majalaah Eksplo, dan Jogja TV. Ia dan rekan-rekannya juga pernah menjadi bintang tamu di acara talk show Kabare, Jogja TV, dimana dalam salah satu sesi, ia sebagai pemimpin proyek diwawancarai dalam acara itu. Selain itu, Jelajah kampus Jogja TV juga pernah meliput kegiatannya di Kamase.

Pada tahun 2008, Ia pernah memimpin proyek pada pembangunan sistem pengangkatan air di Panggang dengan tenaga matahari. Akhirnya, Ia lulus dari Jurusan Teknik Fisika setelah berjuang keras dengan judul,” Perancangan dan Analisis Ekonomi Solar Pumping System di Kecamatan Panggang”. Alhamdulillah, ia berhasil lulus dalam waktu 3 tahun 7 bulan 16 hari. Dan ia pun menyandang predikat cumlaude dengan status sebagai 20% lulusan terbaik Fakultas Teknik UGM.

Selepas wisuda, ia tak sempat berleha-leha, ia diterima sebagai salah satu penerima beasiswa di The Joint Graduate School of Energy and Environment, King Mongkuts University of Technology Thonburi, universitas teknik terbaik di Thailand. Ia mengambil spesialisasi Daylighting and Innovative Lighting.

Setelah kembali dari Thailand, ia bekerja sebagai SAP Management Consultant di PT Soltius Indonesia (Metrodata group) di Jakarta. Setelah itu, ia melanjutkan karirnya sebagai dosen dan konsultan bangunan dan manajemen di Centre for Sustainable Smart City, Surya University. Serta memberikan jasa konsultasi fisika bangunan, green building, akustika bangunan, pencahayaan bangunan dan desain termal bangunan.

Bersama rekan-rekannya, ia mendirikan Yayasan Enerbi (enerbi.co.id) dan PT Energi Bersih Indonesia (web under construction). Yayasan Enerbi berkomitmen memberikan beasiswa penelitian untuk mahasiswa S1 melalui program Dana Hibah Penelitian (sudah masuk tahun ketiga), serta melaksanakan proyek-proyek energi terbarukan untuk daerah-daerah terpencil. Saat ini Yayasan Enerbi juga sedang bergerak untuk merampungkan proyek desa mandiri energi di salah satu desa di Yogyakarta. Sementara itu, PT Energi Bersih Indonesia bergerak di bidang training dan jasa konsultasi dan konstruksi energi. Salah satu bidang yang sedang dikerjakan adalah di bidang perminyakan dengan fokus di peningkatan produksi sumur minyak (Enhanced Oil Recovery).

Cita-citanya adalah menjadi pendidik, peneliti dan pengusaha.

Salah satu keinginan terbesarnya adalah mendirikan sekolah terutama untuk pendidikan dasar dan mendirikan beberapa usaha lain.

Blog ini adalah perkenalan diri seorang Andhy. Bukan untuk membanggakan diri, namun sebagai salah satu jalan awal baginya meraih impian-impiannya….

*Halaman ini sengaja hanya menyajikan keberhasilan-keberhasilan seorang Andhy. Kegagalan dan segala keburukannya sengaja ditutupi untuk masyarakat luas….

.

Written by fathonezic

May 2, 2007 at 2:44 am

36 Responses

Subscribe to comments with RSS.

  1. saya minta soal-soal try out dari sma 1 wates

    sigit dwi prasetya

    October 24, 2007 at 1:51 pm

  2. ini sipa ya, kalo boleh tahu dari sma mana??

    al fatin

    October 24, 2007 at 3:28 pm

  3. Untuk soal2 try out sma 1 wates bisa diakses ke siswa2 kelas 3 atau yang baru lulus. Kalau saya sudah melayang entah kemana. hehehe.
    Yang pasti, soal2nya berbobot (lumayan) palagi bikinannya bu sri, kelas olimpic tu. dulu cuma hasan (dari kelas unggulan science 1) yang rutin dapet >9 (ya iyalah, siswa teladan se-propinsi…).
    Anehnya, alumnus murid bu sri kebanyakan menimba ilmu di bidang kedokteran daripada di teknik…. (Hwaaaaaa…’san aku kesepian…..). Ups, yang dimatematika lebih banyak more than 10 !! hwe hehe….

    aku tidak benci matematika…..
    cuma ‘sedikit’ tidak suka
    tapi aku cinta fisika
    sangat cinta…
    sebagaimana aku membenci kimia…
    sangat benci….

    no offense buat yang suka kimia…
    cuma sedikit ungkapan hati hehe…

    al fatin

    December 14, 2007 at 12:52 pm

  4. saya minta soal2 ujiannya, jangan yang try out😉

    salam kenal. blog yang bagus..
    heran, kenapa blog yang berisi malah sepi. blog yang biasa2 saja malah ramai…hehe. hanya berpikir..

    dimasu

    December 16, 2007 at 8:45 am

  5. Halo…
    Salam kenal ya..🙂

    Hanster

    December 29, 2007 at 11:28 pm

  6. Yapz, salam kenal juga
    makasih sudah berkunjung

    andhy

    May 24, 2008 at 3:55 am

  7. Assalamu’alaikum,, Hi! mas Andhy,, saya tertarik dg anda saat kali pertama saya bca tentang siapa anda? begitu detailnya anda menulis seluk beluk pribadi anda,dan kebetulan saya salah satu pelajar yang bermimpi bisa menembus gerbang UGM, maukah anda membantu saya ?

    damai

    January 12, 2009 at 3:49 pm

  8. Assalamu’alaikum…

    Apakah ini Andy FT 05??? Blognya keren…
    Salam FISTEKers sejati (aku gak termasuk, hehe…)

    Kunjungi blog ku juga yo!!!
    SEMANGAT TAne…

    aryaendaryatno

    January 16, 2009 at 10:03 am

  9. Wah, ternyata Mas Andhy takut ma Matematika, sama kayak aku kalo gitu….

    DoUremberMe?

    January 29, 2009 at 2:41 pm

  10. hehehe
    iya nih…
    saya takut sama matematika…
    gak tahu kenapa…
    matakuliah yang berhubungan dg matematika tidak ada yang dapet A
    huh
    mangkel aku
    hehe

    andhy

    March 21, 2009 at 8:11 am

    • mas, tapi ada yg pernah bilang kalo “bisa matematika itu pasti juga akan bisa fisika”
      aku malah suka sama matematika, tapi BELUM suka sama fisika, dan merasa kesulitan di mapel fisika. gimana itu??

      Anis

      September 6, 2011 at 1:07 am

  11. @ damai…
    hai juga….
    senang dapat melihat anda di blog saya…
    apa yang bisa saya bantu??
    jika bisa Insya Allah saya bantu

    andhy

    March 21, 2009 at 8:12 am

  12. aku ingin menjadi yang terbaik…!!!!

    andhy

    April 6, 2009 at 3:19 am

  13. I wanna be the best in everything i do !!!

    andhy

    April 6, 2009 at 3:20 am

  14. Waalaikumslam….
    Salam kenal juga mas andhy…
    sudah saya kunjungi nech….
    sip….dech…:)

    Rz_Q

    June 7, 2009 at 11:17 am

  15. terima kasih rizki… hehehe

    andhy

    June 23, 2009 at 11:10 pm

  16. Narsis full mode on….

    fathonezic

    August 20, 2009 at 7:54 pm

  17. Gue nggak pernah liat orang se-narsis ini selama hidup gue

    didit

    November 29, 2009 at 9:54 pm

  18. ini bukan untuk kenarsisan mas. blog pribadi ditujukan untuk mengenalkan seorang andhy. karena banyak klien saya yang datang setelah masuk ke blog saya. terima kasih

    fathonezic

    November 29, 2009 at 11:49 pm

    • …nice introduction…
      aq suka caramu mengekspos life background…diikuti achievement list…n mengalir naturally…
      Boleh nii bealajarr…haha…

      Sullivanovic

      December 22, 2009 at 2:17 am

      • terima kasih mas

        fathonezic

        February 3, 2010 at 10:10 am

  19. Numpang lewat kk =)

    slifer2006

    May 7, 2010 at 10:06 am

    • wei… ada sepuh edu ternyata…
      gak sadar udah komen😀

      andhy

      October 3, 2010 at 12:10 pm

  20. wooow…
    salam kenal mas andy, ceritanya menginspirasi🙂

    aveliansyah

    September 1, 2010 at 12:38 am

  21. halo mas andhy, salam kenal yo.. namaku agung sumirat. lulusan sma 1 wates 1989. lg browsing alumni sma kita. nemu blogg-mu.
    wah aku seneng dg prestasimu mas andhy..maju terus dlm berkarya nyata dan poitif yoo…jangan lupa sama kulon progo juga lhooo…
    salam,
    agungcs

    agung sumirat

    January 2, 2011 at 5:05 pm

  22. wah keren sekali kak🙂
    kak aku boleh curhat gak? ttg sekolah ku saat ini ???

    Anis

    September 6, 2011 at 12:57 am

    • silakan… kirim aja k email sy curhatnya🙂

      fathonezic

      September 6, 2011 at 7:03 am

      • alamat emailnya apa? hehe

        Anis

        September 6, 2011 at 7:53 am

  23. o iya
    mas, tapi ada yg pernah bilang kalo “bisa matematika itu pasti juga akan bisa fisika”
    aku malah suka sama matematika, tapi BELUM suka sama fisika, dan merasa kesulitan di mapel fisika. gimana itu??
    sekalian alamat emailnya mas? hhe

    Anis

    September 6, 2011 at 8:10 am

    • bisa juga gitu…..
      suka sama matematika belum tentu bisa matematika. saya juga suka, nilai matematika hampir selalu 9 selama SD-SMA. Unas saya hanya salah 1 di matematika SMA. tapi ketika kuliah nilainya jelek sekali (menurut saya), karena levelnya memang sudah berbeda. bagi saya, matematika cuma ngitung saja, tidak ada yg dipelajari secara filosofis. berbeda dengan fisika, dimana kita belajar banyak sekali fenomena, dan matematika akan membantu kita menyelesaikan fenomena2 tersebut.

      silakan latihan soal saja. atau lihat2 di skitar alam, banyak sekali fenomena fisika.

      email saya : fathonezic@gmail.com

      fathonezic

      September 6, 2011 at 8:19 am

  24. oke, makasih mas. kapan2 aku curhat ya…

    Anis

    September 6, 2011 at 8:19 am

  25. apa sich perbedaan Al fatin dgn Andhy..kok fotonya sama Gtu..

    Imel_D

    December 8, 2011 at 12:48 pm

  26. btw, ajarin aQ donk cara Buat BloG kya kmu?🙂

    Imel_D

    December 8, 2011 at 12:50 pm

  27. kak boleh minta emailnya untuk konsultasi? Aku Arifin, maba tekfis 2015.

    effendis

    June 14, 2015 at 3:18 pm


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: