Andhy Fathoni

tentang sebuah perjalanan…

Pentingnya Organisasi ketika Kuliah

with 5 comments

Hello guys….

Emm, beberapa waktu ini, banyak yang curhat ma aku. Espescially beberapa teman-teman yang masih baru. “Mas, aku kok bingung , kuliah mau ngapain??” Nah lo….

Pertanyaan pertama, apa tujuan kalian kuliah?? Saya yakin pasti pada pengen mendapatkan pekerjaan yang bagus. Nah, apa dengan kuliah saja cukup?? Jelas tidak. Kuliah hanya akan membekali kalian dalam bentuk hard skill. Skill yang memang dibutuhkan untuk menjadi seorang pekerja. Dengan serius menjalani kuliah dan tidak asal-asalan, hard skill itu pasti cukup untuk jadi ‘bekal’ memasuki dunia kerja.

Nah, tapi aa cuma itu yang dibutuhkan perusahaan?? Ternyata tidak. Banyak perusahaan lebih membutuhkan pekerja yang memiliki kemampuan analitis, mampu mengambil keputusan dan pintar dalam manajemen organisasi. Semuanya bersifat soft skill. Dan untuk mendapatkannya, kamu harus mengikuti organisasi.

Pengalaman organisasi akan mendidik kita dalam mengambil kepuusan yang tepat dalam waktu yang singkat, melatih kita berada di bawah tekanan serta melatih daya analisis kita. Kemampuan bernegosiasi juga akan terlatih jika kita banyak mengadakan acara.

So, bagaimana ikut berorganisasi yang bagus?? Tips dari saya, ikutlah organisasi yang benar-benar menarik minat kamu. jangan memaksakan mengikuti organisasi besar. Tancapkan dalam hati kalau nantinya kamu akan memimpn organisasi tersebut. So, kamu akan menapak dari bawah namun terarah. Ada tujuan yang sangat jelas disitu.

Perlahan-lahan, soft skill kamu akan terasah dengan sendirinya karena hari-harimu akan diisi dengan diskusi, rapat dan keharusan mengambil keputusan saat itu juga. Seseorang yan berorganisasi dan tidak akan terlihat dari cara dia berargumen dan cara dia menyampaikan pendapat.

Efek lain dari berorganisasi adalah kamu akan membangun jejaringmu sendiri. Dan ini akan sangat bagus buat kamu kedepannya. Sebagai contoh, saya bisa mendapatkan pekerjaan sebagai jurnalis karena jejaring saya yang sangat kuat. Saya membangun jejaring jurnalistik saya sejak tahun pertama kuliah. Banyak orang jurnalistik yang saa kenal.

Oke, masih belum jelas?? Atau ada pendapat lain?? Ayo kita berdiskusi !!

Written by fathonezic

November 3, 2008 at 11:09 am

5 Responses

Subscribe to comments with RSS.

  1. organisasi penting buat asah softskill, kuliah cuman belajar doang kurang afdol bro…

    hokya

    August 30, 2009 at 1:00 am

  2. betul banget bro…
    tapi masalah-masalah yang kita lalui dalam organisasi itu lo..
    bikin otak harus muter…
    like what i face today,

    sinden

    September 1, 2009 at 12:21 am

    • nah, justru memutarnya otak itu yang akan menjadi alat pembangun kapasitas kita.

      di teknik ugm yang nuansa perpolitikannya sangat panas, hampir tiada hari tanpa masalah. selalu saja ada masalah. tapi ketika masalah selesai, sepertinya mantap sekali. hehe. walaupun kita sadar, masalah baru akan segera datang

      fathonezic

      September 1, 2009 at 4:44 am

  3. wahhh bagus bangettt..

    winda

    November 22, 2011 at 2:00 pm

    • ya bener , dgn berorganisai wktu luang kita dpt terisi dgn hal yang positif . Apalagi dgn berorganisasi akan tercipta jiwa kepemimpinan dari dalam diri kita..

      m0r0zk0 holic

      January 2, 2012 at 11:43 am


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: