Andhy Fathoni

tentang sebuah perjalanan…

Evaluasi semester enam

with 5 comments

Guys, tak terasa, ujian akhir semester 6 sudah berlalu.Sebuah semester yang sangat berat dengan tugas yang tak henti-hentinya mengalir. Semester dimana aku kembali merasakan gairah kuliah.

Sekedar introduksi, semester ini aku mengambil 27 sks yang terdiri dari 12 mata kuliah. Mata kulah yang kuambil antara lain : Fisika Bangunan, Teknik Refrigerasi (Heating, Ventilating and Air Conditioning), Teknologi Batubara Bersih, Instrumentasi Industri, Jaminan kualitas, Rekayasa Struktur dan Sifat Material, Teknik Tenaga Listrik, Manajemen Energi, Konservasi Energi, Rekayasa Energi SUrya dan Komputasi Dinamika Fluida. Kegiatan di kampus masih ditambahi dengan menjadi teaching assistant (asisten mengajar/asisten dosen) di mata kuliah Kontrol Otomatis.

Tentunya banyak sekali pengalaman yang kudapat. Mata kuliah yang bikin aku exciting banget antara lain Teknologi Batubara Bersih dan Komputasi Dinamika Fluida. Di mata kuliah TBB, aku jadi tahu kalo Batubara itu bisa dicairkan menjadi minyak mentah. Jika diolah lebih lanjut bisa jadi bensin dll. Kalian ada yang tahu?? Luar biasa sekali lho. Indonesia yang kaya batubara tapi miskin minyak kan bisa mencairkan batubara buat gantiin minyak. Tapi kok ya pemerintahnya sama sekali gak bergerak. Di mata kuliah Komputasi Dinamika Fluida, aku makin mengerti tentang fenomena fluida yang terjadi jika diberi perlakuan yang berbeda. Disini kami belajar software Fluent dan Gambit yang cuma ada di Teknik Fisika UGM dan Teknik Mesin ITB. Wueh, keren banget deh kalo kamu bisa software ini. Kamu bakal bisa ngerancang mobil F1 dengan tingkat aerodinamik hebat. Ujiannya itu lho yang gak nguatin. Seperti biasanya, Pak kutut nguji mahasiswanya satu lawan satu alias diwawancara atas hasil proyek kita. Aku aja pas diuji sampe keringat keluar terus. Kayaknya ruang ujiannya panas banget. Padahal ACnya kalo dirasain dingin juga. Kata-kataku ampe gak ketata. Tapi itulah asyiknya. Perasaan deg-degan itu perasaan yang menyenangkan. Itu artinya ada tantangan disana.

Mata kuliah lain yang juga keren adalah rekayasa struktur dan sifat material. Di sini kami mendapat tugas merancang Pembangkit Listrik Tenaga Piko Hidro. Dengan sedikit penelitian, kami berhasil menemukan (lebih tepatnya menyempurnakan) inovasi teknologi pembuatan kincir menggunakan bambu petung yang bahkan jauh lebih kuat dan tangguh dibanding kincir yang menggunakan besi, atau baja. Inovasi kami membuat beberapa dosen tertarik mengembangkannya. Bahkan, dari ide kami, salah satu dosen langsung menawarkan untuk dijadikan skripsi. Katanya, dari penelitian ini saja sudah bisa dimunculkan 3 judul skripsi. Wah, gimana kami gak GR coba. Orang ini cuma iseng iseng berhadiah kok. hehe

Oke, menjadi asisten dosen bukan hal baru bagiku. Ketika semester 3, aku juga sempat nyambi jadi asisten bahasa inggris. Tapi kali ini agak beda. Mata kuliah Kontrol Otomatis termasuk mata kuliah aplikatif industri. Jadi, jelas menantang banget. Senangnya, aku bisa punya pengalaman mengajar, ngasih tugas, ngasih nilai, bikin soal dll. Jangan salah, bikin soal itu gak mudah lho. Kita harus membuat soal yang gampang tapi tidak gampangan. Dan yang pasti bisa memicu mahasiswa lebih mengerti pada mata kuliah itu. Trus yang paling penting, harus bisa dikerjain. Hehe. Selama aku jadi asisten, ada pengalaman unik. Ada seorang mahasiswa yang kurang mengerti tentang pemrograman Matlab. Matlab adalah bahasa yang wajib diketahui semua mahasiswa Kontrol. Dia minta privat. Aku sih anteng aja karena aku memang dibayar untuk itu. Tapi yang gak kusangka, dia bisa tahan belajar berjam-jam. Waktu itu kita belajar di Kedai Kopi sampai tengah malam sekitar jam 12-an. Waktu itu aku udah ngantuk banget. tapi ia masih semangat aja ngerjain soal yang kukasih. Tak pikir udah nyerah eh masih go on. Tau gitu mending tak jadiin PR aja ya. hehe.

Duka mata kuliah ini ada juga lho. Pas aku ngajar salah satu bab, ada bagian yang kurang kukuasai.Karena menurutku juga hanya pengayaan aja. Sialnya, ada yang nanyain tentang bagian itu pas kuliah asistensi. Wah, malunya aku gak bisa jawab. Ya aku jawab aja aku gak ngerti trus tak jadiin PR buat aku. Maksudnya kalo aku udah ngerti, nanti kuajarin. Nah, aku menawarkan pada mahasiswa yang bisa jelasin. Eh, ndilalah kok ya ada yang bisa. Ya wes, untung aku bermuka tembok. Malu ?? Ih, gak jamannya kali. hehe.
Ada juga yang bikin kesel. Pas ngoreksi tugas, eh ada yang plagiat, cuma copy paste dll. Gimana gak kesel, kita capek ngajar ngasih soal dll, eh mahasiswanya males-malesan aja ngerjainnya. Aku mau ngasi jelek kok ya gak enak+kasihan. Tapi kalo dikasi bagus kok ya gak layak. Dilema deh. Maklum aku termasuk tidak overall tugas kukoreksi. Buat aku asal caranya bener, nilai maksimal bisa didapat. Gak peduli angkanya bener ato tidak.

Selain itu, disela-sela kesibukan ujian, maag ku tiba-tiba datang. Bisa ditebak, aku langsung tepar 2 hari penuh. Maklum, kalo udah maag, aku susah banget makan. Semua makanan yang masuk pasti keluar lagi. Bawaannya mual terus. Yah, akhirnya sehari kerjaanku cuma ngunyah Mylanta yang udah jadi menu wajib tiap maag itu datang. mungkin itu salahku juga, coz, gara2 ujian, aku jadi lupa sama makan. Aku baru makan kalo udah lapeeer banget. Yang pasti hal ini, jadi pelajaran buat aku.

Kayaknya sementara itu dulu. Tar, aku bagi-bagi lagi pengalamanku yang lain.
Oh iya, kalo boleh tahu, kalian sendiri bagaimana dalam menjalani semester ini??

Written by fathonezic

June 27, 2008 at 3:19 pm

5 Responses

Subscribe to comments with RSS.

  1. Perasaan kok ilmu kamu tinggi banget ya….. Aku sampe gak nyangka andi udah pintar banget….. Bisa fluent dan lain2….

    Sedangkan aku, ilmuku belum mantap sih….. AKu masih gak mudeng tentang apapun……….

    Alex

    October 13, 2008 at 8:28 am

  2. hehe, CFD y, mau jenis yang ap fluent, star cd, cfx, flow field, fluent for catia? dimall dket kosanku ad semuah tuh bajakanya….
    ak aj mpe heran ckckck……..
    Btw kykny sipil ugm juga make juga tuh fluent, perasaan pernah baca artikelny tentang simulasi bendungan atau ap gitu deh….

    T. Kimia ugm juga make tuh, tapi g pake Gambit buat design modelnya, bahkan mereka pernah kok ngadain course buat para dosen gitu, kalo g salah malah tentang multiphase modeling gitu…

    kalo di ITB kyaknya juga g hanya mesin aj, temen yang teknik kelautan aja make tuh fluent buat skripsinya, analisis stress pada pipa di dasar laut gitu…..
    Btw kalo ada yang bisa aplikasiin fluent di HVAC boleh dunk bagi2 ilmunya…..

    paijo

    January 16, 2009 at 3:49 am

  3. mas..boleh aku tanya-tanya mengani matlab nich
    kalau boleh minta email pribadinya

    yudha

    May 1, 2009 at 1:10 am

  4. boleh tanya-tanya mengenai matalb

    yudha

    June 3, 2009 at 6:02 am

  5. Hahaha, oh Matlab mu bagus tho ndi…. baru tahu

    Alex Gunawan

    September 17, 2009 at 7:58 am


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: