Andhy Fathoni

tentang sebuah perjalanan…

Tentang Sebuah Perjalanan

with 3 comments

Guys, jika disuruh memilih jalan seperti apa yang kamu pilih buat perjalananmu?? Beberapa hal akan menjadi sebuah pertimbangan yang sangat berarti. Tapi, terkadang perjalanan yang kita pilih tidak sesuai dengan yang orang tua kita inginkan?? Coba, orang tua mana yang ingin anaknya menjadi sastrawan?? Orang tua mana yang ingin anaknya menjadi pelukis?? Meski ada, namun sangat jarang.
tentang sebuah perjalanan menuju tercapainya impian

Tentang sebuah perjalanan. Yah, saatnya aku berbagi dengan perjalananku dalam dunia jurnalistik. Jurnalistik?? Yah, Jurnalistik !!

Perlu diketahui, Jurnalistik ada dua macam yaitu jurnalistik sastrawi dan jurnalistik media. Alhamdulillah, aku pernah terlibat dua-duanya. Perjalanan ku dimulai ketika mengikuti Bengkel Bahasa dan Sastra Indonesia. Aku termasuk satu diantara empat wakil Kulon Progo saat itu. Bengkel ini dibagi tiga jenis. Teater, Puisi dan Karya Tulis. Wakil Teater waktu itu Muhammad Shodiq. Wakil Karya Tulis adalah Widayati dan Basuki. Aku sendiri mewakili bidang Puisi. Muhammad Shodiq sampai saat ini masih fokus di bidang ini. Dia menjadi anggota Teater Kulon Progo, dan melanjutkan pendidikan di Sastra Indonesia UNY. Sementara tu, Widayati melanjutkan kuliah di Teknik Kimia UGM dan sering membuat Karya Tulis.

Kawan-kawanku di Bengkel Bahasa sekarang banyak yang melanjutkan studi di Sastra UGM (Fakultas Ilmu Budaya). Makanya, aku agak malu kalo ketemu mereka. Anomali banget soalnya aku masuk Fakultas Teknik. Nah, dalam berbagai kesempatan aku memperkenalkan diri kuliah di Sastra Fisika, Fakultas Teknik dan Sastra UGM. Hehehe

Kegiatanku di Sastra terutama puisi masih aktif. Puisiku sering nongkrong di rubrik ‘Sastra Kite’MiniMagz dan beberapa majalah lain. Lumayan lah. Pengalaman yang berkesan tentunya ketika kita di Bengkel pernah membuat Antologi Puisi ‘Jejak Pelangi’ tapi sayangnya kurang direspon pasar.

Nah, saat ini aku lebih aktif di Media. Dimulai ketika bergabung di Tim Jurnalis Independen FT UGM. Wah, bangga banget. Soalnya, setiap jurusan cuma diwakili 1 orang. Saya ketemu dengan para jurnalis Teknik. Contohnya aja, mas Satria dan Lalu yang pernah jadi penggedenya Bulaksumur Pos. Fahmy yang pernah di Media Elektro dan masih banyak lagi. Networkingku terjalin luas karena seringnya jalan-jalan cari berita. Pokoknya seneng deh. Rasanya, jurnalistik memang duniaku. Dan, sekarang aku aktif sebagai jurnalis Warta Teknik. Kayaknya “aku” banget ya. Yah, gimana lagi, blog itukan buat menuangkan uneg-uneg, ya tho ??

Written by fathonezic

June 27, 2008 at 3:23 pm

Posted in It's my Life

3 Responses

Subscribe to comments with RSS.

  1. loh, emangnya bisa ya kul di UGM ngambil dobel
    perasaan, ga boleh dech

    pra_bowo

    June 29, 2008 at 3:33 am

  2. Go…go….
    Long Live Journalist!!!!

    Rizqy_na

    August 29, 2008 at 2:09 pm

  3. aku kelihatannya mau kuliah jurnalistik di Masterku deh sebagai Minor

    Alex Gunawan

    September 17, 2009 at 7:56 am


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: