Andhy Fathoni

tentang sebuah perjalanan…

Ketika air bersih sulit didapat…

leave a comment »

Hari ini, aku iseng-iseng nonton TV di rumah. Maklum, di kos aku jarang nonton TV. Acara yang sangat menarik. Ada pembahasan tentang seseorang yang menjadi buruh air. Ia menyusuri sungai Citarum setiap hari untuk menjual air bersih. Ternyata, air bersih itu sangat diminati. Hal ini menjadi sangat maklum setelah saya tahu bahwa daerah itu sangat sulit mendapat air bersih. Air disana sudah tidak layak untuk dikonsumsi. Pencemaran dari dunia industri sudah tidak dapat ditolerir. Air menjadi sangat kotor dan tidak jernih. Jika dilihat, warnanya kehijauan dan sebagian kehitam-hitaman.

Ironis tentunya ketika kita tahu ternyata masih ada daerah di Indonesia yang keadaannya seperti itu. Kepekaan pemerintah selayaknya dipertanyakan. Bagaimana kita bisa mendapatkan generasi hebat jika apa yang mereka konsumsi tidak bersih??

Di tempat lain, Gunung Kidul, banyak warga yang ketika musim kemarau harus berjalan puluhan kilometer untuk mendapatkan beberapa botol air bersih. Kalaupun ada tangki air, harganya sangat mahal. Mungkin hal ini jauh dari pikiran kita. Indonesia berada di daerah tropis tapi sulit mendapatkan air bersih. Kejadian di Guning Kidul menyulut Kamase untuk sebuah proyek di Mondialogo Engineering Award.

Di Kulon Progo, Sungai-sungai besar tertutup oleh ganggang hijau. Sayangnya, ganggang itu justru dibuang anpa berarti apa-apa. Pembuangannya pun membutuhkan biaya yang tidak sedikit karena diperlukan beberapa orang berbayar untuk menyingkirkan ganggang yang membuat air sungai tidak bisa mengalir. Sayang?? Jelas. Buka mata, hanya di Indonesia !!!

Written by fathonezic

December 29, 2007 at 10:55 am

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: