Andhy Fathoni

tentang sebuah perjalanan…

Eksistensi Pendidikan Kenukliran

with 18 comments

Pendidikan Teknik Nuklir di Indonesia sudah berlangsung selama 30 tahun. Dari sekian tahun lamanya, Teknik Nuklir UGM telah melahirkan 700 lebih alumni. Tentunya diantara mereka muncul beragam ahli di berbagai bidang seperti Dr. Widi, salah satu ahli kontrol terbaik di Indonesia, Dr. Yudi Utomo, ilmuwan Nuklir hebat yang diakui di dunia, Dr. Andang dan masih banyak lagi.

Dari sekian banyak alumni Teknik Nuklir, sebagian besar justru tidak berkiprah di bidang Kenukliran. Hal ini sangat berhubungan erat dengan gagalnya berbagai rencana pemerintah untuk membangun Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (PLTN). Pendirian pendidikan Teknik Nuklir sendiri memang bertujuan untuk menyiapkan tenaga ahli dalam persiapan pembangunan PLTN. Gagalnya berbagai rencana PLTN menyebabkan para alumni Teknik Nuklir mencari-cari karir sendiri. Dari sana dapat diambil kesimpulan kalau banyak alumni Teknik Nuklir yang berkiprah di bidang Teknologi Informasi dan industri perminyakan. Hal ini tentunya bertolak belakang dengan apa yang mereka pelajari di kampus.

Di akhir tahun 1997, pengurus jurusan secara serius menyikapi hal ini dan akhirnya mendirikan Jurusan Teknik Fisika yang saat itu memang lebih booming. Pasar Teknik Fisika yang dibutuhkan luas di berbagai industri menjadi salah satu penyebabnya. Pendirian Teknik Fisika yang didalamnya ada prodi Fisika Teknik makin menenggelamkan keberadaan Teknik Nuklir. Bahkan saat ini banyak yang beranggapan kalau Teknik Nuklir UGM sudah tidak ada. Hal ini tentunya tidak boleh dibiarkan. Eksistensi pendidikan Kenukliran masih tetap dibutuhkan. Hal ini sangat berhubungan dengan aplikasi Nuklir itu sendiri yang tidak anya dibutukan di bidang engineering tapi juga kedoteran.

Sayangnya, kebingungan dalam menentukan arah pendidikan Teknik Nuklir menjadi masalah tersendiri. Tidak adanya kepastian PLTN membuat Teknik Nuklir kebingungan menentukan arah kurikulumnya. Untuk mempertahankan eksistensinya, kepastian dari pemerintah sangat diperlukan agar lulusannya tidak mubazir karena pada akhirnya bekerja di bidang yang sangat jauh dari apa yang dipelajarinya.. Untuk sementara, mahasiswa Teknik Nuklir diperbolehkan mengambil mata kuliah di bidang Fisika Teknik untuk menambah kemampuannya (begitu juga sebaliknya). sebuah dilema, damun harus dilakukan. Maju terus pendidikan kenukliran Indonesia……

Written by fathonezic

December 29, 2007 at 10:53 am

Posted in Teknik Fisika

18 Responses

Subscribe to comments with RSS.

  1. saya seorang siswa kls 3 SMAN 2 GENTENG di banyuwangi.
    saya sudah lama ingain sekali tahu tentang nuklir dan kegunaanya itu sendiri,untuk itu saya ingin meruskan di UGM pada teknik nuklir.Saya agak kecewa denga apa yang bapak katakan!padahal saya ingin terus memperjuangkan dan terus memperkenalkan kepada masyarakat tentang betapa pentingnya energi nuklir dalam pemenuhan kebutuhan energi dunia yang semakin meningkat.Untuk saat ini saya akan ikut PMDK di UGM dengan mengambil teknik nuklir.dibalik itu saya terhalang oleh kendala biaya perkuliahan yang tinggi.Dengan penuh harap saya meminta bapak untuk membantu saya untuk kelancaran proses masuk.Dan mungkin saya akn sangat kecewa jika satu-satunya fakultas teknik nuklir di indonesia harus dihapus.saya juga meminta bantuanya agar bapak melobi pihak UGM supaya mempermudah saya dalam mengambil PMDK untuk masuk KE UGM di teknik nuklir.Demi kemaslahatan umat manusia saya akan tetap mengembangkan TENAGA NUKLIR! tolong balas SEMANAGAT OKE !@###%%!!

    helmi kurniawan

    January 2, 2008 at 7:52 am

  2. Loh, emang saya dah jelekin nuklir ya. sepertinya tidak. Di tulisan ini saya justru menekankan pentingnya teknologi nuklir sehingga pendidikan teknik nuklir masih diperlukan. Terlebih lagi, aplikasi nuklir bukan cuma PLTN.

    Disini saya juga menjelaskan bahwa keberadaan fisika teknik justru semakin melebarkan peluang lulusan teknik nuklir dalam berburu kerja. Buktinya banyak lulusan teknik nuklir yang menggunakan nama teknik fisika untuk mencari kerja.

    Untuk masuk teknik nuklir ugm secara gratis bisa dicoba melalui jalur PBUTM (Penelusuran Bibit Unggul Tidak Mampu). Biasanya jalur ini diikuti juara 1 paralel di tiap sekolah. Dari yang saya lihat, sekolah2 favorit sudah ada jatah tersendiri untuk PBUTM di UGM. Contoh, SMA 1 Jogja jatah 2, SMA 1 Wates jatah min 1 terkadang 2. Jadi, kalo sekolah dik helmi memiliki tradisi dimana siswa sering masuk ugm dari jalur PBUTM dan berprestasi bagus di UGM peluang lebih besar. Tanpa tradisi peluang sangat sulit. Contoh, ada seorang siswa SMA N 4 Solo yang ingin masuk Jurusan Teknik Fisika prodi Fisika Teknik lewat PBUTM. Anaknya super pandai. nilai raportnya luar biasa bahkan ada yang 10. Tapi SMA nya tidak ada tradisi sehingga tidak bisa masuk. Kalau tidak salah sekarang di Teknik Kimia UNS.

    Kalau tidak bisa masuk lewat PBUTM masih bisa lewat PBU Berprestasi. Untuk Teknik Nuklir (afiliasi jurusan Teknik Fisika), prestasi minimal medali perunggu olimpiade nasional akan sangat dipertimbangkan. Olimpiade yang direkomendasikan Olimpiade Astronomi dan Olimpiade Fisika. Olimpiade yang lain kurang singkron dengan jurusan.

    Masih tidak bisa??
    Coba ambil Ujian Masuk UGM. Ambil sumbangan Rp 0,00 alias nol rupiah. Jika diterima, datangi BEM KM UGM dan minta untuk diadvokasi mengenai ketidak mampuan adik. Saya yakin adik masih bisa dapat gratis.

    Terusnya, coba daftar beastudi etos, dompet dhuafa republika. Jika diterima, adik akan mendapat beasiswa asrama dan beasiswa di UGM selama 3 tahun. Atau, nanti masuk dulu ke UGM. Bayar semester 1 saja. Soalnya ada banyak sekali beasiswa di UGM yang memungkinkan adik untuk sekolah gratis di UGM.

    Masih bingung?? Bisa tanya lagi…
    Yang pasti coba dulu PBUTM. Semoga diterima….
    Berjuang ya…

    Oh iya, masih ada lagi. Coba daftar Sampoerna Foundation. Mereka juga kasih beasiswa penuh kok…

    al fatin

    January 2, 2008 at 3:02 pm

  3. bagaimanapun yg namanya ilmu pengetahuan itu adalah penting baik untuk diterapkan dalam kehidupan atau untuk kesenangan berpikir. jadi, teknik nuklir seyogianya kita pelajari, kita terapkan dgn tujuan positif yang bermoral dan yang berakhlak. kalau dapat dipelajari sebaik mungkin di UGM jalur apapun yang tergolong baik kan pantas ditempuh, ya gak lulus PBUTM, kam masih ada jalur2 lain yang bisa kita coba. yang pasti smua yang asa sakam hidup ini sudah ada aturn dab batas2nya oleh yang maha Pengasih.

    RINALDRY

    January 24, 2008 at 8:33 am

  4. sampe ckrang yang daftar pbutm berapa anak???????? kasih info aq scepetnya zzaaaaaawwwww,,, thanks!!!!!!

    suro

    March 12, 2008 at 5:41 am

    • mohon maaf saya tidak tahu…

      salam hangat, rindu dan cinta,
      Andhy Muhammad Fathoni

      fathonezic

      July 15, 2009 at 12:06 am

  5. ,NURUT saya jurusan teknik nuklir tu bermanfaat sekali.Apakah d UGM banyak beasiwa bagi orang yang tidak mampu?dulu saya pernah ikut beasiswa etos,seleksinya saya diterima.T api,saya salah menulis dan akkhirnya sayapun diterima d UNS.APAKAH SAYA masih bisa daftar d UGM JRSN TEK.NUK.,tapi saya g kuat biaya??

    NIKA

    March 29, 2008 at 6:58 am

  6. Saya pelajar kelas 3 SMA, saya berminat sekali masuk ke Teknik Nuklir, tapi saya mesti butuh banyak info….Bagi yang mw bagi info, e-mail ke Venta_Caem@yahoo.com ya! Saya tunggu…

    Venta

    April 2, 2008 at 9:38 am

  7. saya pelajar MAN Yogyakarta II kelas XI….
    semenjak ssaya mengikuti sosialisasi nuklir di sekolah saya, saya merasa sedikit tertarik pada nuklir..kemudian guru saya menambah ketertarikan saya dengan menerangkan manfaat nuklir tsb…
    dan subhanallah betapa bermanfaatnya nuklir itu,,saya ingin mengaplikasikan nuklir dalam bidang2 yang bermanfaat…sehingga saya pingin masuk teknik nuklir UGM,,tetapi kenapa pemerintah tidak memperhatikan ini, bagi kebanyakan orang awam ,mendengar kata “nuklir” mereka langsung takut..pemerintah juga tidak menindak lanjuti hal ini..saya ingin pemerintah menghapus pandangan orang ttg nuklir,,memberikan sedikit penerangan tentang manfaat nuklir, sehingga banyak yang tertarik dan akhirnya ikut kuliah di teknik nuklir,,saya juga ingin agar pemerintah mendukung pengaplikasian nuklir di segala bidang,,,

    tr kuncoro ph

    April 25, 2008 at 3:03 pm

  8. HIDUP NUKLIR!!!!!
    hanya orang yang nggak tahu lebih dalam tentang kegunaan nuklir yang ngomong nuklir nggak penting.
    tak kenal maka tak sayang.
    hehe
    saya suka sekali fisika apalagi yang berhubungan dengan nuklir.
    oh nuklir cintaku mengapa engaku hanya ada di UGM dan sttn batan jogja di indonesia tercinta ini.
    hehe

    melysacintafisika

    April 30, 2008 at 10:25 am

  9. huhuhuhuhu…… di fistek juga ada belajar nuklir kq…
    jadi TF ama TN itu sejalan kQ…
    malah TF lebih luas……
    vivat TF…..

    MR. Richo

    May 12, 2008 at 4:26 am

  10. Sy sempat lulus dr Teknik Nuklir UGM. Sy bersyukur, alhamdulillah, lewat subsidi dr eyang Suharto sy kuliah dengan hanya bayar SPP 105 rb. per semester.
    Sy gak ngerti, di jaman SBY skrg ini, org seperti sy boleh gak ya kuliah di UGM ?..
    BTW. Sy lulus thn 1993. Pengalaman hidup mengajarkan, tdk usah muluk2 lah..realistis aja.
    Sy dan rekan2 TN86 yg bisa survive di luar basic kenukliran juga banyak, dan hampir semua sukses. Tapi,..dengan “melupakan” Nuklir dan mempelajari, yg kebanyakan bidang marketing, keuangan dan manajemen.
    Bagi yg tetap mau idealis monggo,..tapi sy sarankan yg realistis aja. Hidup ini jangan dibikin susah. Hadapi kenyataan, take profit for better life..he..he..he..
    Sorry, bagi yg tidak berkenan.

    awanglong

    May 22, 2008 at 6:41 am

  11. Alhamdulillah, adik saya diterima di TN lewat UTUL tahun ini, besok tinggal nunggu pengumuman UAN, awalnya saya juga pesimis, kenapa harus TN ?, tapi karna adik saya itu cinta banget ama tu jurusan, akhirnya kami skeluarga berdoa, Bismillahirrohmanirrohim, Ya Allah smoga ini memang yang terbaik, dan Engkau Ridho, amin,
    Smoga TN UGM smakin maju dan PLTN sgera dibangun oleh Pemerintah. amin

    eka

    June 13, 2008 at 8:32 am

  12. mas tanya dong katanya bisa gratis kuliah di ugm,khssnya teknik nuklir………………….gmn cranya???/
    aku anak sma n 1 jepara kelas3,yang terus merhatiin perkmbgn pmbgunan pltn di jepara,apa ga da bebas uang kuliah untk anak jepara,…

    karena menurut pengamatan saya di jepara macetnya perkembangan pmbangunan pltn,krn juga krangnya sdm dr jepara sndri yang mncul…pltn yang rencana di bangun di ds mlonggo tu mang lokasinya bags strategis banget…

    tapi wktu da penyuluhan di kampungku warga nya kurang pada merhtiin krn mrk di cermahi org yang blm mengnl mereka….
    mngkn kalau yg mmbri pnyuluhan anak jepara sndri,mgkn lain critany?
    mhon dr ugm bs mmprtmbgknya…..go nuclear,for better live

    rinandar

    November 5, 2008 at 2:05 pm

  13. saya seorang siswi yang baru saja naik kelas tiga………. saya kepengen tahu cara ikut PBUTM nya UGM ato beberapa universitas negeri di wilayah jateng n yogyakarta.
    kalau ada yang bisa bantu saya informasi tersebut tolong kirimkan ke email saya…………………
    terima kasih
    jazakallahu khairan katsira : )

    masithoh sj

    June 30, 2009 at 7:33 am

  14. masithoh sj

    June 30, 2009 at 7:51 am

  15. bisa hubungi saya langsung di email ??
    email saya di fathonezic@gmail.com
    maaf, karena saya saat ini cukup sibuk dengan riset. silakan hubungi saya langsung. insya Allah langsung saya balas….

    Salam hangat, rindu dan cinta,
    Andhy Muhammad Fathoni

    fathonezic

    July 15, 2009 at 12:03 am

  16. bicara mengenai nuklir tidak lepas dari unsur sdm yang berkiprah di dalamnya.

    ada teknik nuklir ugm dan sttn-batan yogyakarta.

    sebagai sdm yang tau tentang nuklir,kita pasti tau manfaat akan nuklir itu. nuklir syarat akan manfaat.

    mau tau buktinya silahkan kunjungi kami

  17. Biasanya yg nggak seneng nuklir itu koruptor, Amerika, China, India punya PLTN. Koruptor modal tanda tangan pengadaan barang dan jasa, mau idup.

    dhanis

    April 2, 2015 at 2:04 am


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: