Andhy Fathoni

tentang sebuah perjalanan…

FKMTF 2007

with one comment

Pada tanggal 8-9 September 2007 yang lalu, kami dari Keluarga Mahasiswa Teknik Fisika (KMTF) UGM baru saja menyelenggarakan pertemuan rutin Forum Komunikasi Mahasiswa Teknik Fisika se-Indonesia. Acara ini diselenggarakan sebagai pertemuan rutin ketiga setelah sebelumnya dilaksanakan di Universitas Nasional (UNAS). Mahasiswa-mahasiswa Teknik Fisika dari ITB, ITS, Unas dan UGM mengikuti acara ini dengan sangat khidmat, serius tapi tetap penuh canda tawa.

            Saya sendiri dalam acara ini bertindak sebagai koordinator acara sekaligus koordinator lapangan ketika acara dimulai. Sebuah amanah yang sangat berat tentunya karena ini untuk pertama kalinya saya menerima amanah sebagai koordinator acara. Saya malah lebih banyak belajar dari Ay, bendahara panitia, yang sudah berpengalaman sebagai protokoler Sputnik. Dari dia saya mulai mengerti bagaimana membuat susunan acara, petunjuk teknis dan petunjuk pelaksanaan yang baik. Pemberdayaan anggota panitia di lapangan juga menuntut kejelian koordinator acara.

            Kembali ke masalah teknis. Sebelum acara dimulai, banyak masalah yang terjadi. Masalah terbesar adalah ketika ruang sidang secara tiba-tiba direnovasi dan tidak bisa digunakan sebagai ruang utama acara. Walhasil kita harus rebutan dengan panitia Artefak ruangan yang dibutuhkan di lantai 2. Setelah diskusi panjang lebar dengan berbagai argumen yang dilontarkan, akhirnya dicapai kesepakatan. FKMTF berhak atas ruang seminar sebagai ruang sidang dan ruang TN-VI sebagai ruang kesekretariatan panitia. Yapz, masalah pertama selesai. Beranjak ke masalah kedua. Secara tiba-tiba juga, Bapak Sihana menyatakan tidak bisa menyambut sekaligus membuka acara. Cukup shock juga kita. Untungnya, ditenangkan pak Sihana kalau pak Iwan akan menggantikan posisi bapak Sihana. Hanya saja sehari sebelum acara dimulai beredar kabar pak Iwan sedang ke Jakarta.Yang ini beneran bikin shock. Akhirnya saya dan Linggar (Ketua Panitia) langsung terjun ke lapangan. Setelah tanya sana tanya sini kitapun lega karena pak Iwan akan segera kembali ke Yogya dan menghadiri acara.

Ketika kita lagi sibuk-sibuknya mengakomodasi peserta, pak Iwan datang tergesa-gesa dan menyatakan tidak bisa mengikuti dan membuka acara. Wow, ininih pusingnya kepalaku sebagai koordinator lapangan diuji. Bayangkan, pemberitahuan pak Iwan hanya beberapa saat sebelum acara dimulai. Keringat dingin mulai mengalir. Bayangan memalukan di depan anak-anak ITB, ITS dan Unas mulai membayang. Alternatif  satu-satunya hanya pak Nopriadi. Hanya saja, ketika itu pak Nopri sedang mengisi acara di Artefak. Berita dari Linggar pun datang. Acara terpaksa ditunda karena sulitnya transportasi. Alhamdulillah, bersamaan datangnya peserta, pak Nopri juga sudah selesai mengisi acara di Artefak. Walhasil, pak Nopri membuka rangkaian acara FKMTF dengan sukses. Acara-acara yang sudah dipersiapkan pun dapat digeber dan berakhir sukses. Kalaupun ada satu-dua masalah, panitia dengan sigap menanganinya.

Akhirnya, para peserta menyatakan kepuasannya. Kita juga sangat akrab karena sering menghabiskan waktu bersama. Terutama ketika kita semua berada di penginapan. Entah sekedar ngobrol, main gitar atau tanding playstation. Benar-benar menyenangkan. OK, sampai jumpa di FKMTF ketiga di Institut Teknologi Bandung (ITB) tahun depan.

Written by fathonezic

December 21, 2007 at 7:19 am

Posted in 1

One Response

Subscribe to comments with RSS.

  1. Mohon maaf atas ketidaknyamanan bagi semua Panitia atas kejadian tersebut.

    Kesusksesan, ketekunan dan perjuangan teman-teman sangat kami hargai.

    Terima kasih banyak.

    Sihana
    Ketua Jurusan T. Fisika FT-UGM

    Sihana

    June 6, 2008 at 12:22 pm


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: