Andhy Fathoni

tentang sebuah perjalanan…

Jurusan berprospek dalam 5 tahun kedepan

with 259 comments

Harus diakui, idealisme menjadi pertimbangan paling penting dalam pemilihan jurusan.
Hanya saja, tidak salah rasanya jika kita memilih jurusan berdasarkan prospek ke depannya
Disini saya ingin coba mengungkapkan sedikit dari hasil ‘investigasi’ saya terhadap perkembangan industri dan efeknya untuk prospek jurusan.

1. Sampai saat ini bidang perminyakan masih akan menjadi primadona karena gajinya yang menggiurkan.Pembukaan lapangan baru di Cepu dan Ujung pangkah serta lapangan gas besar di perairan Natuna menjanjikan lapangan kerja yang besar untuk jurusan Perminyakan, Geologi dan Geofisika (Fisika MIPA konsentrasi Fisika Bumi). Jangan lupa, jurusan2 itu masih sangat sedikit. Sementara kebutuhan banyak. Mau anda lulusan Minyak ITB, Trisakti atau UPN ‘V’ Yogya, anda akan tetap dibutuhkan. Jangan takut tidak dapat kerjaan. Untuk Geologi dan Geofisika peluang lebih besar lagi. Geologis Indonesia saat ini sedang diburu untuk mengisi kekosongan di Timur Tengah.Mengapa?? Sejak isu teroris muncul, ekspatriat dari Barat tidak berani lagi kerja di TimTeng. Alhasil mereka kekurangan Drilling engineer. Nah, berhubung track record geologis Indonesia cukup hebat, mereka mengalihkan pandangan ke indonesia. Permintaan sangat besar. Gaji?? jangan tanya, kerja 15 tahun mungkin sudah cukup untuk membiayai pensiun anda.
Pembukaan lapangan batubara juga membuat peluang lulusan pertambangan ckup besar. Hanya saja, lulusan tambang cukup besar sekitr 2000 setiap tahun. Anda harus masuk 4 tambang pilihan yaitu Teknik Tambang ITB, Unsri, Trisakti, dan UPN ‘V’ Yogya untuk sedikit memberi kepastian masa depan. Setahu saya, Tambang ITB 50% sudah dipesan sebelum lulus (data tempo 2007, komentar dari pak rektor itb). Dan ini beneran. Di UPN Yogya, jika anda 5 besar lulusan terbaik di Minyak dan tambang,kerjaan sudah menanti (tapi ya tetep harus berusaha, ini cuma data dari beberapa alumninya upn). Sekali lagi, kebutuhan banyak lulusan sedikit. Cuma, kuliahnya berat banget. Di Geologi UGM ospeknya 1 semester lamanya. Tiap sabtu sore disuruh lari muter fakultas berkali-kali. Kuliah lapangan naik gunung dan ke pantai Tertarik??

2. Proyek pembangunan jalan tol ribuan kilo yang dicanangkan pemerintah membuat bidang konstruksi berprospek cerah. Selain itu pembangunan tentu makin cepat dengan lancarnya transportasi. Catat : Teknik Sipil masih sangat prospektus!! Hanya saja yang perlu diingat, penghasilan di kontraktor tidak terlalu besar. Setara dengan PNS golongan 4A.

3. Telekomunikasi. Dijamin, bidang Telkom sangat prospek sampai 10 tahun mendatang. Baik untuk Vendor maupun operator. Pertimbangkan baik-baik untuk masuk Teknik Elektro konsentrasi Telekomunikasi. Elektro telekomunikasi terbaik masih dipegang STT Telkom dan ITB. UI, UGM dan ITS juga cukup bagus.

4. Pemerintah mecanangkan percepatan rasio kelistrikan dengan membangun PLTU yang total berkapasitas sekitar 10000 MW sampai 5 tahun mendatang. jika 1 PLTU berkapasitas 300 MW maka dibutuhkan 30 engineer pembangkitan maka akan ada lowongan untuk sekitar 1000 engineer pembangkitan dari jurusan Teknik Elektro konsentrasi Power, Teknik Fisika dan Teknik Mesin. Gaji besar. Sangat prospek!!

5. PLTU bukan cuma operasi tapi juga konstruksi. Kerjaan lagi buat Elektro, Teknik Fisika dan Teknik Mesin. Teknik kimia juga terlibat.

6. Pengembangan Energi Terbarukan butuh banyak insinyur.
Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) : Teknik Sipil
PLT Mikrohidro : Teknik Sipil, Teknik Fisika
PLT Matahari, Angin : Teknk Fisika dan Teknik Mesin
PLT Biodiesel dan Bioethanol : Teknologi Pertanian, Teknik Kimia
PLT Panas Bumi : All engineering
Ingat bidang energi : Gaji besar !!

7. Teknologi Informasi. Jelas, kita butuh orang IT baik Fasilkom, IF atau yang ekuivalen. Tenang, lapangan kerjanya tidak akan pernah habis. Terlebih lagi, kesempatan nyari proyek cukup besar. Contohnya sebagai web developer. Banyak instansi yang mulai peduli membuat web. Rate cukup tinggi, di Jogja rate untuk pembuatan web full sekitar 2,5 juta sampai 3 juta. Ini belum ditambah maintanance. Peluang lebih besar jika anda menguasai Linux, karena sekarang banyak instansi beralih ke Linux. Tips, terus update kemampuan. Yang sangat prospek saat ini dot net developer.

8. Petrokimia. Teknik Kimia masih terus berjaya. Yang recommended, UGM, ITB, UI, UNDIP, dan ITS.

9. Teknik Nuklir. Ingat, PLTN segera dibangun.

10. Bidang kedokteran
Bidang ini tidak pernah sepi lapangan kerja. Bukan cuma Kedokteran Umum tapi juga keperawatan dan kebidanan. setiap tahun untuk Arab Saudi saja dibutuhkan 2000 perawat Indonesia. Tapi masih sulit dipenuhi. Ini peluang yang bagus. Kebidanan?? Jangan salah, saya justru sangat merekomendasikan jurusan ini. Setahu saya, tidak ada Bidan yang tidak kaya alias lebih dari cukup. prospek jelas bagus.

11. Jurusan-jurusan desain (Diskomvis, Interior, dll)
Dijamin prospeknya bagus banget. Teman2 saya yang masih kuliah aja udah pada dapet kerjaan…
Ingat, terbaik masih di UK Petra Surabaya dan ISI Jogja. Tapi kabarnya ITB mulai menyusul…

12. Kartografi dan penginderaan jauh
Jangan meremehkan jurusan ini, diam2 jurusan ini punya prospek sangat bagus

13. Teknik Industri dan Teknologi Industri Pertanian. Kedua jurusan ini sebenarnya mirip. Kurikulum juga hampir sama. Keduanya masih sangat bagus prospeknya. TApi sekali lagi, mereka bukan bagian exact engineering. Sangat bagus jika kemampuan kmunikasi dan bahasa anda latih sebaik mungkin jika anda masuk jurusan ini. Kemampuan teknis tidak banyak dibutuhkan (maksudnya engineering ability). Beberapa perusahaan yang engineering banget dan tidak jualan produk jarang yang mencari lulusan industrial technology. Kakak saya yang kerja di perusahaan gas & minyak mengatakan kalo semua teknik bisa masuk ke pershaan tersebut kecuali industri dan arsitek.Jadi, kalo mau masuk jurusan ini. Segera latih kemampuan komunikasi. Pas kuliah, kalau mau berkarir di perusahaan, arahkan pandangan ke perusahaan2 consumer goods macam Unilever dll. Jangan yang engineering macam tambang dan konstruksi. Peluang tetap ada tapi tak sebesar di consumer goods, dealer (Astra, sun motor dll). Sense of design juga penting untuk dilatih. Karena selain bagian produksi dan marketing,tata letak pabrik juga sering menjadi bagian kerjaan teknik industri

Dr semuanya saya justru merekomendasikan jurusan Geologi dan Geofisika. Prospek bagus dan tidak sekedar mendapat kerjaan. Maklum, jurusan ini bukan jurusan yang bisa dipelajari dengan pengalaman. Jadi, anda tidak ada saingan lagi.Maklum, untuk jurusan lain masih bisa dibolak-balik. banyak yang changing career. Insinyur teknik kimia bisa aja menjadi insinyur kontrol yang biasanya ditempati teknik fisika dan elektro begitu juga sebaliknya. Progammer malah lebih luas cakupannya. Design engineering juga bukan hanya bisa dikuasai teknik sipil. Rotary engineering juga bukan hanya bisa didapatkan anak teknik mesin. Jadi hampir semua bidang bisa ditukar2 profesinya. Kecuali Geologi. Hanya orang geologi dan geofisika yang ngerti. Makanya kalo ada seorang geologis mengundurkan diri dari perusahaan, perusahaan akan bingung karena sulit cari pengganti. Hal ini mungkin beda dengan bidang lain.

Tapi kalo dari sisi banyaknya lowongan, maka saya sangat merekomendasikan teknik mesin dan teknik kimia. selain banyak, jika anda masuk ugm, itb, ui, sepertinya masa depan anda akan terjamin. meskipun untuk mendapatkannya anda harus berjuang sampai berbulan2 bersaing di pasar kerja.

Selain itu, saya juga merekomendasikan Teknik Fisika. Dari segi lowongan memang tidak terlalu banyak. namun dengan jumlah lulusan yang sedikit, hal itu cukup sebanding kok.

Mungkin ‘investigasi’ saya kurang valid. Tapi kebanyakan saya dapatkan langsung dari praktisi. Bukan sekedar analisis seorang mahasiswa. Semoga bisa sedikit membantu teman2 dalam memilih jurusan untuk bidang science. Sekali lagi, ini bukan tulisan ilmiah, cuma hasil ngobrol ngalor-ngidul dengan yang sudah berpengalaman. yah, hasilnya saya tuliskan disini. Anda percaya ?? Saya harap bisa membantu. Tidak percaya ?? Jadikan sebagai bahan bacaan aja. okey !!

Ada yang mau share…???

About these ads

Written by fathonezic

December 29, 2007 at 10:57 am

259 Responses

Subscribe to comments with RSS.

  1. tidak !!

    asdf

    January 8, 2008 at 10:21 am

  2. “Actually, i want to say that it isn’t depend on the faculty / department which you entered, but the spirit you have.”-> a lot of people have success in every field. There are no boundary.

    Eh, Mr. Rahmawan pay attention on you lho. Because you have random mission in your life.

    Than, you forget something,

    “Everything gone smaller and smaller, you can’t depend on your ability now, you must study something that fabulous. ” Please think about what i mean

    Alex Gunawan

    January 31, 2008 at 1:37 pm

  3. Bagus artikelnya..seneng nulis ya??

    Sudah luluskah? Sukses deh…salam aja buat temen2 casello smua.. :D

    yannas

    February 21, 2008 at 3:31 am

  4. emboh le…

    bodoh

    March 2, 2008 at 12:27 pm

  5. klo mw lebih kaya jadilah entrepreneur..

    aan

    March 21, 2008 at 2:04 pm

    • setujuuuu… go entrepeneur \(^_^)/

      chiput

      May 20, 2013 at 8:34 am

  6. artikel yg lumayan bgs,..tp tgntung dr orgnya jg,kali y…?

    Kikan

    March 29, 2008 at 8:19 am

  7. Peluang!!Perlu juga dipikirin juga lho…Soalnya, klo kita udh lulus dan ternyata kita terpojok tentang masalah peluang maka kita bisa frustasi dan akhirnya stress…Klo udh gitu, kita kan juga ga bisa kembali ke masa lalu. Jadi, jangan juga terlalu idealis…Tapi, jangan juga sibuk melihat peluang lalu mengesampingkan bakat. Buknkah bakat adalah salah satu petunjuk Allah: dengan apa dan bagaimana kita bisa hidup di dunia???
    Kehidupan manusia adalah ‘natural response’ yang tidak bisa diubah dan manusialah yang harus merancang ‘controller’yang baik…OK!!!

    danis

    March 31, 2008 at 7:45 am

  8. makasi iaa,, jadi ada masukan.
    tapi bwt pembaca laen yg blum stabil emosionalnya (kayak saya), jgn kecil ati ato putus asa klu minat kalian ternyata peluang kerjanya gak gede. peluang dll kan hitungan manusia, tp ttp Tuhan yg tentuin. kita berdoa ajah, and always do our best !

    yehan ajah

    April 24, 2008 at 2:17 pm

  9. Wah,artikelx bagus…
    Sya jdi dpat banyak masukan..
    Tpi,klo utk perminyakan,khususnya perminyakan trisakti sendiri,mnurut anda prospekx bgaimana??Apakah sebaik yg anda sebutkan di atas??
    Tolong di balas ya. Saya lagi butuh banyak masukan utk memilih universitas ni..

    yusuf

    April 25, 2008 at 3:54 pm

  10. Perminyakan Trisakti cukup bagus. Namun di Perminyakan, ITB dan UPN Yogya memang lebih bersinar. Berbeda dengan tambang Trisakti yang memang sangat bersinar. Jangan takut masuk Minyak Trisakti. Mereka memang masih berusaha menyamai UPN dan ITB. Aktiflah di organisasi. dapatkan IPK bagus. Dan saya yakin kamu bisa dapat kerjaan yang bagus.

    al fatin

    April 26, 2008 at 12:07 am

  11. terima kasih banyak…tp jurusan T.geologi, T. Perminyakan, T. Geofisika UPN ‘V’ Jogja bagus…kan dy swasta

    Namlahs

    April 30, 2008 at 12:32 am

  12. aq mo sharing ne,aq seorang siswa kls 3 sma jd mo kuliah.aq bingung mo milih jurusan ap,tapi setelah baca artikelnya mas saya sangat terbantu,terutama tertarik tuk masuk geologi n geofisika..tapi aq boleh minta g’mas agar mas membahas lebih dalam tentang teknik nuklir, krn plhn awal saya itu,tapi saya tidak tahu prospek kerjanya apa,saya milih itu cuma karna hobby fisika.tapi sekarang saya juga tertarik tuk ngambil geologi n geofisika….tolong bantu ya mas…..secepatnya karena SPMB sudah dekat.aq mohon.aq tunggu………makasi…

    fajri

    April 30, 2008 at 10:46 am

  13. aq klas 2 ipa sma,aq pengen bsok nerusin ke jrusn bahasa korea ugm. aq suka bgt bhs korea,q bsa nulis korea n bsa artinya sedikit2. tpi kan aq anak ipa,terus q mesti gimana? um tapi ngambil ipc itu susah g? tpi keluargaku juga termasuk ga mampu, kalau aq ikut pbutm, bisa nggak milih jurusan bhs korea? tolong djawab secepatnya! bwt ancer2 bsok klas3. terimakasih

    dyan

    May 6, 2008 at 12:35 pm

  14. Coba baca majalah Tempo edisi minggu kemaren.
    Perminyakan merupakan jurusan yang paling primadona.
    Hanya orang-orang terpilih yang masuk jurusan ini.

    Ayu

    May 7, 2008 at 2:52 pm

  15. mas…………………………

    tak tunggu tulisan-tulisan berikutnya……………………………..

    jangan berhenti nulis………………………………………

    bravo…………………………….

    mr_@

    May 7, 2008 at 4:03 pm

  16. jujur saya sangat suka dengan blod anda yang ini. saya skarang lagi butuh banyak informasi mengenai prospek teknik mesin dalam jangka waktu ke depan.
    mungkin yg telah anda tulis masih sangat singkat. saya berharap anda bisa menulis prospek teknik mesin berikut tentang PLT Matahari, angim, PLT Panas Bumi, mohon bantuannya

    andika hendra

    May 8, 2008 at 1:59 pm

  17. Wah artikel yang bagus banget nih, lagean gw jg lage bgg maw milih2 jurusan. Banyak org blg klo nyari jurusan nyari apa yg kita suka, emang btul sih. Tp klo prospek ke dpannya ga dibutuhkan jg percuma..Btul kn????????

    Michael Chandra

    May 9, 2008 at 5:02 am

  18. kalo ilmu komunikasi gimana prospeknya ya mas ?

    andro

    May 14, 2008 at 12:17 pm

  19. [...] Memperkenalkan Prospek Teknik Fisika UGM Posted on May 27, 2008 by fathonezic Sangat menarik memperbincangkan tentang Teknik Fisika di berbagai blog antara lain blog priandoyo, mas okto dll. Saya sempat membahas topik ini di Forum SPMB, dan posting Jurusan berprospek 5 tahun kedepan. [...]

    • jurusan teknik laku keras di industri,,,terutama teknik geologi,fisika,mesin,elektro,kimia,,
      teknik geologi dan teknik fisika sangat dibutuhkan krn lulusannya masih dikit

      alumni teknik ugm

      January 20, 2010 at 5:07 pm

  20. afwan.
    mw nanya..
    mana yang bagus antara teknik industri ama mesin ?
    sekaligus prospeknya..
    tolong jawab secepatnya..
    makasi..

    dio

    May 29, 2008 at 5:41 am

  21. Seperti yang sudah saya utarakan, bagaimanapun, jurusan mesin masih lebih baik dari teknik industri. Sekali lagi, teknik industri sangat tidak spesifik. Dari analisis saya, posisi teknik industri masih bisa ditempati oleh banyak jurusan. jadi saingannya banyak. Kalo mesin, jika anda bisa masuk mesin ITB, ITS, UI atau UGM, I’ll say congrats to U. Tapi kalaupun sulit pilihlah mesin Trisakti.

    fathonezic

    May 30, 2008 at 9:50 am

  22. Mas sy bru kls 3sma lg bngung neh.Mendingan tk.Mesin ato pertambangan itb . . . Coz ktny gradeny ktny tinggian tk.Mesin ktimbang pertambngan . . Jadi gmana ? MOhon bantuanny ?

    Abizelvltine

    June 3, 2008 at 11:18 am

  23. passion kamu dimana ??
    Pertambangan atau mesin??
    Kalo di ITB tidak bisa milih mesin tapi ,milih Fakultas
    baru setelah itu milih jurusan. Jadi meskipun kamu diterima di fakultas nya, belum tentu kamu diterima di jurusan mesin nantinya. setahu saya saat ini, fakultas mesin masih lebih rendah dari fakultas pertambangan dan perminyakan kalo di ITB. Bagaimana kalo di Teknik Mesin UGM ?? Mesin UGM adalah saalah satu teknik mesin terdepan di Indonesia

    fathonezic

    June 3, 2008 at 11:29 am

  24. Mas mau tanya neh, kalau tehnik geofisika upn katanya belum ada registrasi (registrasi belum turun) lalu apakah berarti masa depannya kurang bagus ?, tolong jawab syukur2 prospek kedepan khususnya tehnik geofisika upc, tks.

    Arko

    June 5, 2008 at 7:54 am

  25. kk kata sapa? . . Sy lg bimbel d slah stu bimbel terkemuka . Ktny pass in grade tk mesin lebih bsar ketimbang tk pertambangan itb , jdi prospekny bgusan mana?Sy sering try out alhamdullillah sering masuk kedua jurusan trsb tapi sy masih pusing lbih pilih yg mana ?

    Abizelvltine

    June 9, 2008 at 10:06 am

  26. saya setuju sama mas Fathonezic tentang prospek geologi dan geofisika.Saya mahasiswa teknik geofisika ITB.Kata alumni jurusan saya geofisikawan sedang dicari2 oil company karena metode seismik yang banyak digunakan untuk eksplorasi.Untuk saudara Abizelvltine ,benar Fakultas pertambangan(FTTM) lebih tinggi gradenya daripada fakultas mesin(FTMD)

    rocky

    June 14, 2008 at 7:11 am

  27. Mas maw nany teknik geologi unpad kira2 bgs ga pRospekny ? ! ? ? Mhn d jawab ? ? ?

    Abizelvltine

    June 18, 2008 at 10:50 pm

  28. kalo geologi unpad kurang tahu…
    saya sendiri tidak banyak mengenal kiprah alumni geo unpad

    fathonezic

    June 19, 2008 at 5:16 am

  29. Klo geo itb gmN ? ? ?

    Abizelvltine

    June 19, 2008 at 12:22 pm

  30. geo apa nih ??
    geologi ato geofisika ato malah geodesi ?? tapi gak mungkin geografi kan ?? hehe

    klo geologi ITB, jangan tanya deh, nama ITB adalah jaminan untuk bidang Teknik

    Lha wong, banyak anak Teknik UGM pindah ke ITB kok
    tapi banyak juga anak yang keterima di ITB milih di UGM (alasannya murni biaya)

    so, yang namanya Teknik, ITB masih unggulan, no 2. baru UGM, no.3 UI baru diikuti ITS
    Undip menyelip untuk beberapa jurusan seperti Teknik Kimia

    fathonezic

    June 19, 2008 at 12:28 pm

  31. mas , kalau teknik mesin ama teknik tambang mana yang lebih bagus porspeknya. tolong jawab secepatnya trims

    Bimo

    June 20, 2008 at 10:57 am

  32. kalo di ITB, UGM, ITS dan ui, kamu harus pilih mesin. tambang bisa pil kedua. Mesin sangat luas soalnya
    tapi kalo di swasta, kayaknya, tambang aja deh….
    ato kalo di Unsri, tambang aja dehh… hehe

    fathonezic

    June 20, 2008 at 12:34 pm

  33. mas, kalau jurusan penrbangan itb porspeknya gmn.
    terus dengan jurusan geofisika mana yang lebih bagus kedepannya menurut mas ? trima atas jwabnya

    yandi

    June 21, 2008 at 3:28 am

  34. mas saya mau nanya, saya sangat minat sekali belajar elektro, mesin, dan kebumian. jurusan apa ya, yng menurut mas bisa menampung semua minat saya itu? tolng dijawab secepatnya. trims.

    Rehan

    June 21, 2008 at 3:32 am

  35. @yandi
    jujur saja, saya tidak merekomendasikan jurusan penerbangan. selama ini, saya belum pernah melihat lowongan pekerjaan yang secara terang2an menginginkan lulusan penerbangan

    trus kalo geofisika, saya menyarankan teknik geofisika ITB dan geofisika UGM. UGM karena mereka sudah sangat mirip dengan teknik meski statusnya mipa (kata seorang geologis pertamina)

    @rehan
    sampai saat ini, yang saya tahu hanya jurusan teknik fisika yang mempelajari mesin dan elektro. makanya keahlian teknik fisika disebut mekanikal elektrikal engineering. kenapa ?? artinya, mekanik (mesin) bisa, elektrik pun pintar
    di teknik fisika juga dipelajari sedikit ilmu kebumian. contohnya teknologi batubara bersih yang dipelajari juga di teknik fisika

    fathonezic

    June 22, 2008 at 4:01 am

  36. mas tanya lagi, kalau teknik fisika berarti kita harus paham dulu semua teori fisikanya dong, kalau ngak gmna tu mas? trims

    Rehan

    June 22, 2008 at 4:55 am

  37. lho, semua mahasiswa teknik harus punya dasar fisika lho…
    tapi kalo kamu belum begitu paham, tenang…
    semua dasar fisika dibahas tuntas dari semester 1 sampai 3. Mulai dari Fisika Klasik sampai Fisika Modern…..
    so, tenang aja…
    nanti kan belajar lagi di matakuliah2 itu
    semuanya bertahap kok
    nggak buru2
    sampai kamu nanti diantarkan pada dasar2 permesinan atau dasar2 pembangkit elektrik

    fathonezic

    June 22, 2008 at 6:28 am

  38. untung ada posting ini, semua prospek jurusannya sangat bagus, tapi saya jadi bingung nih memlih yang paling diminat, karena semuanya kayaknya suka. gmn sih cara memtukan pilihan selain merujuk pada minat, karena tampaknya saya minat semuanya, tolng dijawab secepatnya. trims

    suharman

    June 23, 2008 at 4:03 am

  39. Lho….
    Kok exact seMua…..
    Sosial ny???????

    IzzA

    June 24, 2008 at 3:24 am

  40. Mas maw btany lg . . . Jelasin donk tentang tk. Material trs prospekny gmN ? KLo d pertambangan bsa k pake ga ? Mohon penjelasanny , , ,

    Abizelvltine

    June 25, 2008 at 10:39 am

  41. Wadduh..
    TeLat negh..
    C aqyuh bru n’bka artikeL niy paz udh ngmbaLiin frmulir snmptnX..
    Yaa..
    Gpp dey,pngn nanya,kiRa” analisis kimia prospekX gmN?

    Windy

    June 25, 2008 at 12:37 pm

  42. gile..,bgs nch artikel,.
    pengen nanya nch..
    saya kls 3,saya da dtrima di 2 univesitas.,
    unpad n trisakti.
    tg unpad ngmbil geologi n trisakti ngmbl prminyakan.,
    ngambil mana mas y??
    sumpa,,lg bingung bgt,,
    plissss bls yach….

    chikal

    July 1, 2008 at 5:47 am

  43. @chikal:
    kalau menurut sy, lbih baik mengambil pertambangan trisakti krn kalau unpad geologiny agak kurang truz lulusanNy pun blm terlihat kecuali geo itb . . .

    Abizelvltine

    July 3, 2008 at 2:31 pm

  44. Oo.,
    gtu.,
    tp saya lihat d’website(lupa namanya),klo geologi unpad ada d’urutan 3 dr 12 univ d’indonesia yg pny jurusn geo.triskti ada d’urutn 4.
    1.ugm(A),368
    2.itb(A),361
    3.unpad(B),359
    gt.,
    gmn donk?
    ksh saran lg yah.,
    plissss.,

    Chikal

    July 3, 2008 at 4:30 pm

  45. wah bgus bgt nh artikel…pengen nanya
    saya uda lulus sma….,
    kn saya dtrima d universitas swsta(President University),,
    menurut mas,bagus g prospeknya?

    dior

    July 4, 2008 at 6:20 am

  46. langsung aja ya mas,
    ehm, sy ni kan baru lulus sma.trus skrg udah diterima di Fisika ui.kebetulan, di fisika ui ada peminatan geofisika (mulai semester 5).kalo baca blog ini sih sy sdikit terpengaruh masuk geofisik. tapi sy minat di Fisika material…
    Nah, bisa bandingkan ga mas prospek antara geofisika n fisika material?….
    thanks

    PatRioT

    July 17, 2008 at 6:50 am

  47. mas saya mau tanya..

    teknik perminyakan n teknik pertambangan lebih bagus mana?

    kalo universitasnya di trisakti

    Muhamad Ihsan

    July 23, 2008 at 7:04 am

  48. Mas, saya m0 nanya,
    Saya udah diterima diupn jogja jur. Prtambangn,
    Menurut mas. upn, trisakti, dan unsri mana yg lebh bgus? Thx

    Wali

    July 25, 2008 at 7:12 pm

  49. Sekali lg mas!
    Kalau geology upn bgaimana kira2 menurut penelitian mas..
    Apakh termsk terbaik diindonesia?

    Wali

    July 25, 2008 at 7:25 pm

  50. Teknik geologi unpad gmana mas?
    Udh mulai berbicara blm?

    John

    July 28, 2008 at 3:56 pm

  51. kamaren adek saya keterima di its geomatika menurut kaka gimana? prospek kedepannya? kalo psikologi gimana? artikel kk sangat bagus

    anna

    August 1, 2008 at 4:53 am

  52. Mas . . Gw bru keterima di FTUI,kbtulan msk’y jurusan teknik metalurgi.Prospek metalurgi ke depan gmn yah?Jujur it bkn jurusan yg gw inginkan,krn gw merasa lebih bgus prospek’y di desain interior ato jurnalistik.

    Bisa ksh info lbh bguz mana prospek’y antara desain interior dngn jurnalistik.Trz universitas yg bguz dimana untuk 2 jurusan itu.Thx.

    Erlangga

    August 4, 2008 at 3:17 pm

  53. mas saya sudah masuk mesin UI n,tapi timbul rasa kecewa sebenarny saya lebi minat ke teknik perminyakan ITB……karena sudah diterima lewat UMB saya jadi ga ikut snm-PTN…mohon saranny y mas,kalo anak mesin banyak yang terjun ke industri perminyakan ga?

    kueke

    August 27, 2008 at 12:29 pm

  54. wah saya masih klas 3 sma maz . . ga pinter pinter bgt . .pas pasan . . masuk program ipa . . bingung mau kuliah ambil apa . . kira2 yang gampang tp prospek kerjanya bgus apa yah ?? kalo aku baca d artikel maz, tekhnik fisika, tekhnik kimia dan tekhnik laiinya . . wah saya bisa pingsan maz . . hahahah
    mohon saran dan bantuannya . .kalo planologi sama psikologi itu bagusan mana ??pengennya sih undip ajah yah . .

    astri astri

    August 28, 2008 at 2:21 pm

  55. well..
    tulisan anda jadi masukan bagus buat saya yg sdg kbingungan ini..
    hehehehe..
    pengen nanya..
    kalo mau ke teknik perminyakan..
    plajaran yg harus kuat apa ya pak?
    reply kee e-mail saya saja..

    thank’s before..

    Confused Student

    October 10, 2008 at 3:51 am

  56. [...] Sangat menarik memperbincangkan tentang Teknik Fisika di berbagai blog antara lain blog priandoyo, mas okto dll. Saya sempat membahas topik ini di Forum SPMB, dan posting Jurusan berprospek 5 tahun kedepan. [...]

  57. mas kuliah geologi dan sejenisnya tuh susah gak..
    aku pengen banget masuk geologi…terutama geologi ITB….
    tapi sumpah deh aku bingung banget terus sekarang dah kelas 3 lagi….
    kuliah di ITB gimana mas….
    plzzzz mas kasih thu yaaaaa…….

    ani

    December 18, 2008 at 10:03 am

  58. mas……
    saya nie pengen banget kerja diperusahaan minyak gitu tapi sekarang saya lagi bingung banyak yg blang klo miyak bakalan habis,,,,
    nah saya bingung gimana jawabnya n yakinin diri unk brani ngambil keputusaan lanjutin dipermiyakaan,tolong ya mas kasih tau donk jwbannya ?????????

    rian

    January 3, 2009 at 4:19 am

  59. kebetulan saya kuliah di trisakti jurusan teknik perminyakan baru semester 1 dan lagi uas .
    menurut saya prospek ke depannya bagus ko. tapi yaa mesti kuat di fisika matematika sama kimia nya ituu loh yang bikin rada ribet namanya juga teknik.
    untuk kedepannya sih kalo awalnya lancar ya kesana nya mudah mudahan bisaa.

    niaaLAMMIRZA

    January 6, 2009 at 4:41 pm

  60. nambahin ttg geofisika geologi……..selanjutnya disebut 2 geo……..
    Menyoal n ngulik tentang nyari oil n gas, dunia ini emang miliknya orang geofisika (metodenya geofisika) sementara hasil intepretasinya/ penerjemahan data nanti oleh orang geologi…….. penentuan design survey juga oleh 2 geo ini.

    Dibidang ini operasi lapangan oleh suatu service company bidang eksplorasi biasanya melibatkan:

    – geodetic engineer ( t. geodesi)
    – field seismologist ( biasanya geologi)
    -mesa /3D design ( biasanya geofisika kadang juga fisika)
    -observer perekaman/ instrumen eng (banyakan orang fisika instrumentasi)
    -processing (geofisika)

    Ditiap oil company pasti jg ada yg namanya divisi geoscience atau ggr (geology geophysic n reservoar). yang saya denger juga di exxon tiap nerima s1 geofisika malah langsung di sekolahin s2 dulu diluar negri baru kemudian bekerja…

    Trus kalo pendapat geofisika ma teknik geofisika, menurutku sih sama aj, soalnya mereka belajar metode yang sama dan alat2/instrumen juga sama. Eit , jgn berfikir juga bahwa orang teknik trus bakal lebih hebat performa kerjanya didunia teknik dibanding orang mipa…..blum tentu, Cb aj check lulusan ellin UGM pada dimana aj? schlumberger, baker hughes, mereka aj udah dpt di perusahaan besar macem itu…….mereka belajar instrumentasi juga loh, dan ellin itu mipa.

    back to 2 geo, Yang jelas permintaan buat jurusan 2 geo ini emang bener2 tinggi di dunia oil n gas. Trus kerjaanya juga bukan kerjaan kuli, kecuali kalau pas lagi dilapangan……itupun paling melihat2 aj. Beda misalnya orang mesin atau elektro masuk dunia oil n gas, bisa2 jadi field engineer dirig2 gitu, kerjaan berat resiko juga tinggi.

    Btw standar gaji orang2 geologi n geofisik diluar dugaan saya………ada service company lokal dibidang eksplorasi ini yang berani ngasih mpe 14an, gile bos….Banyak juga orang yang lari ke luar negeri setelah dpt 2,3 tahun pengalaman….
    denger2 sih gaji ny dgn angka yg fantastis………

    emmmm, tentang Geodesi……..
    konstruksi butuh, tambang pasti butuh, minyak dari eksplorasi (survey seismik darat, laut atau apapun) butuh, pemetaan pasti butuh.
    Darimana tau lokasi titik pengeboran sumur yang tepat coba, tentu data hasil survey dilengkapi informasi lokasi n koordinat, ketinggian yang dipetakan dan ditentukan oleh geodetic engineer….
    Meski dipassing grade mungkin g terlalu populer, tapi coba disurvey kalo mau, trus distatistik bandingin tempt kerja n gaji geodetic engineer dengan engineer2 lainnya…….they are so specific……..

    paijo

    January 15, 2009 at 5:42 pm

  61. setuju denga Paijo

    Teknik Geodesi………………………………………..

    jangan lupakan Teknik Geodesi, bisa masuk point 1 sampai 7 tuh….
    apalagi point 12.

    dri

    February 5, 2009 at 6:06 am

  62. mas…nanya inih,,,
    saya thn ini akan lulus dr sma..
    n ditrima di president univ,..
    nurut mas, bgs gak prospeknya??
    saya tggu yah jwbnnya,,,
    email : na_fhong@yahoo.com
    tmn2 yg anak PU, kabarin saya di 087893800011
    thx

    Pangngolyana

    February 17, 2009 at 10:05 am

  63. PU bagus kok
    apalagi kalo kamu dapet beasiswa…
    dengan menekuni kuliahmu
    dan jika lancar…
    kamu tidak asal2an…
    Insya Allah, masa depan cerah

    andhy

    March 4, 2009 at 7:09 pm

  64. Mas

    Fiqi

    March 29, 2009 at 11:20 am

  65. Mas tolong di jawab ya . . Teknik geofisika di upn prospek kerjanya gmna mas ?

    Fiqi

    March 29, 2009 at 11:23 am

  66. jujur saja dek….

    kalau teknik geofisika saya tidak tahu…
    tapi kalau geologi upn, saya sama sekali tidak ragu untuk mengatakan bahwa jurusan itu salah satu yang terbaik di Indonesia

    andhy

    March 30, 2009 at 6:17 pm

  67. 3th ini aq udah krj ngmpulin duit buat kuliah (mklm,kluarga gax mmpu je),tp bngung jg mw pilih jurusan apa..Mnrt mas mndng msuk T.Mesin UNY/Geologi UPN V ya mas??BasicQ T.Mekanik Otomotif.Please bls ya mas..Thxs a lot b4.. G.B.U..

    Dendy

    April 8, 2009 at 8:33 am

  68. jika saya boleh jujur….
    anda lebih cocok ke T mesin UNY…
    saat ini bisa dikatakan persaingan ke dunia kerja sangat ketat…
    tapi jika anda ke teknik mesin UNY apalagi yang pendidikan, prospek anda sangat bagus…
    kuliah 4 th tambah 1 th sertifikasi kalau jadi guru stm bisa dapet take home pay sampai 4 juta rupiah…
    apalagi kalau anda nyambi seperti bikin bengkel…
    makin gede lagi deh…
    belum lagi, kan mau ada pembangunan STM dimana mana
    jadi, saya meyakini prospek pendidikan Teknik Mesin UNY lebih bagus

    andhy

    April 12, 2009 at 10:50 pm

  69. aku bingung mau kuliah ngambil jurusan apaa?
    kira2 anda tau soulusinya

    Adybotel

    April 14, 2009 at 4:19 am

  70. assalam.
    aku anak sma kelas 3.
    minat banget sama geologi n pertambangan.
    kemarin uda ikut um ugm ngambil tk.geologi m geodesi.
    tp kug kata orang bagusan di upn iiak?
    :s
    trus denger denger di upn malah bagusan tk.tambangny?
    aku kuat di kimia.
    mending masuk mana?
    bingung jg..

    aiin

    April 18, 2009 at 4:50 pm

  71. Tanya dong,kalau t.geodesi undip prospeknya bagaimana? baru kepikiran sih…lebih baik pilih geologinya atau geodesinya?

    elyozz

    April 30, 2009 at 6:45 am

  72. Saya mau tanya,gimana lulusan teknik fisika UNAS?apa bagus juga prospkenya dengan yg di itb,ugm,its?
    Menurut mas lebih baik memilih teknik fisika UNAS,tknik prminykan UPN,tknik geologi UPN,tknik geologi unpad?
    Teknik geofisika yg bgs swasta dimana y?

    Irfan

    May 6, 2009 at 4:23 am

  73. 0h ya mas,tolong di urutkan juga ya dari yg paling pertama-bgs- untuk dipilih jadi plihan univrsitas swasta.
    Terima kasih ya atas jawabannya..

    Irfan

    May 6, 2009 at 4:33 am

  74. Kul di geologi nyante,kampusnya deket fkg (fakultas kekasih geologi),pelajarannya cuma batu batu dan batu sampe sampe pikiran kita keras kayak batu,gak mikir macem2 kayak transformasi laplace,taylor,fourier,he.anak cewe kul di geologi lulus punya 2 gelar : geologist dan tomboy..he.kalo lagi ospek harus hafal simfoni,kalau gak hafal bisa ditendang bahkan bisa ditampar,kalo udah lulus banyak2 berdoa biar bisa jadi kuli di uil kumpeni..bayarannya dolar.kalo masuk dunia mining harus kuat pas eksplorasi,tiap hari ketemu ular sama lintah,1 bulan baru ketemu orang tua.siap2 siap jadi tarsan,hehee.
    Apapun jurusannya..banyak2 berdoa,key…

    bohemian

    May 19, 2009 at 8:29 am

    • maksutnya suruh hafal simfoni itu apa ya? kalo jurusan geologi swasta yang bagus dimana ya? ya buat cadangan kalo ga diterima di UGM, LAGI GALAU MAU MASUK PERTAMBANGAN ATAU GEOLOGI,MOHON SARANNYA TERIMAKASIH

      rizky oktabriyadi

      December 14, 2011 at 4:57 am

  75. Ha2, oleh karena itu saya kuliah di FTTM ITB, keempat jurusannya keren. T. Perminyakan, T. Pertambangan, T. Metalurgi, T. Geofisika!

    Hagz2

    May 23, 2009 at 12:30 am

  76. bagus banget nih infonya, sgt membantu buat yg lg pilih2 jurusan kuliah. atau menambah motivasi buat yg udh kuliah… kalo boleh ijin sedot buat blogku…

    Aku Fikry

    May 24, 2009 at 10:50 am

    • silakan mas, asal jangan lupa penulisan sumber dan pingbacknya…

      andhy

      July 30, 2009 at 3:04 am

  77. saya mau minta pendapat,,
    saya keterima di upn teknik geologi dan teknik kimia..
    lebih baik saya pilih mana y?

    shinta

    May 29, 2009 at 10:09 am

    • hmmm….
      sebenarnya saya prefer geologi karena sudah proven untuk UPN. tapi, kayaknya untuk cewek lebih cocok teknik kimia…

      andhy

      July 30, 2009 at 3:03 am

  78. hmmmm….OH ya….pengalaman, untuk mengetahui tentang metode seismik dari anak geofisika dan agar kita kuat dalam urusan instrumentasi bisa masuk ELINS dan mengambil matakuliah dari anak geofisika.kebetulan geofisika dan ELINS si FMIPA masih satu jurusan, jurusan Fisika MIPA.di UGM lho.kan nanti dilihat dari Transkrip nilainya.

    biasanya untuk ahli control2 valve gt perusahaan minyak butuh orang yang kuat dalam controll engineering.biasanya diambilkan dari TE,Tekfis,Elins (elektronika instrumentasi). terutama yang behubungan dengan PLC, sensor dan FPGA,dsb.

    Namun jujur memang ITB memang masih jadi nomer satu kalau dibidang tekniknya, termasuk TE ITB dan Tek.Mineralnya.laku keras.BIasanya perusahaan itu menerima fresh graduate dari lulusan universitas yang reputable like as UGM,ITB,UI,ITS.

    dabulabul

    June 10, 2009 at 7:53 pm

  79. Mau ngasih sedikit tambahan……kebetulan saya mahasiswa T.Mesin UI 2006.
    T.Mesin itu prospek kerjanya luas banget dan hampir dibutuhkan oleh semua industri walaupun lulusannya buanyak banget…….
    untuk rekomendasi bisa dipilih: ITB,UI,UGM,ITS…….(profile umumnya lulusannya terjamin)
    kalo di UI itu kuatnya di peminatan KE(konversi Energi) karna kebanyakan lulusannya kerja di Oil& Gas Company dan sejenisnya….
    so…jangan takut prospek kerja jurusan T.Mesin…
    Salam Solidarity Forever……………

    Ahmad

    June 26, 2009 at 12:51 pm

  80. wahahahahahaha

    siap – siap aja
    prospek yang paling atas
    no.1 itu jurusan gue

    wahahahahahaha
    hh……hh….hh……hh…..
    uhuk..uhuk

    The Angel

    July 28, 2009 at 10:26 am

  81. wahahahahahaha

    siap – siap aja
    prospek yang paling atas
    no.1 itu jurusan gue

    wahahahahahaha
    hh……hh….hh……hh…..
    uhuk..uhuk

    The Angel

    July 28, 2009 at 10:28 am

  82. Halah milih jurusan kok ribut…….

    Alex Gunawan

    September 15, 2009 at 2:35 pm

    • bener bgt,,semua jurusan tuh bagus,,,,tapi aku nyaranin milih teknik aja,,prospeknya bagus karena semua industri membutuhkan..teknik mesin,fisika,sipil,kimia,industri,geologi,elektro,,semua joss

      manusia netral

      January 20, 2010 at 4:38 pm

  83. mas artikelnya bagus banget, saya pake buat blog saya boleh gk mas??? sbelumnya saya minta maaf , trims

    teguh

    November 1, 2009 at 5:35 am

    • okey, jangan lupa nyantumin sumbernya ya

      fathonezic

      November 5, 2009 at 7:10 am

  84. mas….nanyak nih gimana sih prospek teknik metalurgi ITB,bagus gak sih? tolong ya infonya.

    dilo al

    December 7, 2009 at 1:50 pm

    • bagus juga kok, banyak dibutuhkan di perminyakan kok

      fathonezic

      January 24, 2010 at 9:19 am

  85. halo

    asep

    January 8, 2010 at 10:04 am

  86. yang jelas setelah pembangunan PLTU dan PLTU itu jadi,pemerintah akan banyak menbutuhkan sarjana teknik dan menyerap banyak sekali lulusan teknik fisika,mesin dan elektro,,proyek itu sedang berjalan dan akan selesai beberapa tahun mendatang

    asep

    January 8, 2010 at 10:08 am

  87. asmkm…bang
    saat ini sy udh mau memasuki semester empat di jurusan Farmasi UI,cuma sy benar2 sama sekali ngk passion sama jurusan itu,soalnya dari dulu maunya masuk Teknik ITB (terutama FTTM ITB) atw UI (salah masuk jurusan),mwnya c pindah…ikut SNMPTN lagi…
    cuma jadi bingung neh bang,mending lanjutin aja di Farmasi atw pindah ke FTTM ITB ( yg penting teknik ITB atw UI),cuma lebih passion banget ke ITB…

    Cuma kalo sy pindah ke FTTM ITB,sy takut nanti di DO negh bang,denger2 c ITB banyak DO – nya,tapi biasanya penyumbang terbesar dari STEI,ngk tw kalo dari fakultas lain,ngk tw juga c…hehe
    Kalo ngk pindah,tetap di Farmasi,takut nanti di DO nya waktu udh abis kesempatan nya…hehe…mumpung masih da kesempatan
    Kalo yg d UI,sy masih ada passion,tapi dikit c,& ngk sebanyak ITB..hehe

    oh iya,bang satu lagi negh…
    kalo di ITB,fakultas yg peluang prospek kerja paling tinggi & peluang dapet income tinggi itu apa ya,bang …?
    di FTTM ITB,jurusan yg paling berprospek banget urutannya dari apa aja ya ?
    makasih,bang…

    aditya

    January 14, 2010 at 6:35 pm

  88. kalo saya sih ikuti passion. tapi salahnya, kamu udah semester 4. jika kamu berani ambil resiko gak papa. misal masuk ITB, kamu cuti dulu UI 1 semester. kan ketauan, DO apa nggak di ITB.

    menurut saya, ITB bagus semua, tapi kalo mau bagus banget ya perminyakan, geologi, geofisika dan teknik kimia. peluang kerja amat sangat bagus dan tentu saja gajinya buesaaaarrr… karena chemical engineer yang bagus susah dicari. gaji mereka di perusahaan lebih besar dari engineer lain. namun kalo mau jadi geologist, gajinya pun tak kalah besar. nyari geologist andal di jaman sekarang susah sekali… hehe

    andhy

    January 16, 2010 at 1:27 am

  89. kira2 tekiniki kimia bagus ga ya prospek untuk 5 tahun kdpan.jwab ya

    david

    January 16, 2010 at 12:11 pm

  90. waduh, sudah dibaca belum mas. jelas sekali bahwa teknik kimia bagus sekali apalagi UI ITB dan UGM. jaminan mutu dik. silakan dibaca baik2 postingan saya

    fathonezic

    January 16, 2010 at 12:12 pm

  91. jadi jurusan berprospek cerah tuh dari fakultas teknik yah kebanyakan..?teknik mesin ,kimia,fisika,elektro,sipil,dll

    ga salah lah masuk fakultas teknik u*m

    hohohoh

    hari

    January 16, 2010 at 12:42 pm

  92. bang,tanya lagi negh…
    sy baca entah dimana…
    katanya kalo di ITB udah pernah di DO entah di S1 hingga S3,kalo nanti lolos lagi saat test dan diterima di ITB lagi,kita ngk akan diterima lagi,walau testnya itu lulus…

    kalo Teknik Kimia UI,cari kerjaan nya mudah ngk,bang ?
    bisa kerja di Perminyakan juga ?
    saat nanti di dunia kerja,asal perguruan tinggi dilihat juga,misal kaya’ dari UI,ITB,UGM,negeri atw swasta & incomenya juga sama tuh,bang ?

    kan dibilang “menurut saya, ITB bagus semua, tapi kalo mau bagus banget ya perminyakan, geologi, geofisika dan teknik kimia. peluang kerja amat sangat bagus dan tentu saja gajinya buesaaaarrr… karena chemical engineer yang bagus susah dicari”.itu kan kalo dari ITB,kalo dari UI,UGM,UPN gimana ?

    Aditya

    January 16, 2010 at 4:22 pm

    • wadoohh…
      lengkap amat. hahaha
      saya kasih tau ya boy, UGM,UI dan ITB itu sama worthednya. mereka sama2 menguasai industri nasional. dan ada tempatnya sendiri2. pas recruitment PT Badak (perusahaan gas terbesar nasional) tahun 2008, yang diterima 13, 6 dari ITB, 5 dari UGM, 1 dari UI dan 1 dari ITS. jadi bisa dikira2 mana yang lebih bagus. kalo geologi bagusan UGM. tapi kalo teknik kimia, bagusan ITB nampaknya. tapi menurut saya sama saja sih. UI, ITB, UGM, kalo masuk teknik kimia ya sama aja bagusnya.

      masalah susah tidaknya cari kerja, ya tergantung orangnya. tapi memang teknik kimia tidak pernah berhenti ada lowongan. pasti selalu ada terus. kalo ada anak tekin ITB, UGM, UI nganggur lebih dari 8 bulan, nampaknya itu aneh sekali. karena rata2 dibawah 6 bulan saja banyak yang sudah dapet kerja. jangan dipikir 6 bulan lama ya. karena 6 bulan itu waktu recruitment rata2 perusahaan besar mulai dari tes pertama sampai tes terakhir.

      kalo UPN, kayaknya bagusan perminyakan. tapi kalo kamu gak pinter ya sama saja. UPN kan swasta, bagaimanapun bagusan negeri lah…

      semoga membantu

      fathonezic

      January 24, 2010 at 9:16 am

  93. tanya lagi dech…
    bang,kalo sektor kesehatan sama sektor energi peluang income & cepet dapet kerjaan lebih besar mana ?

    Aditya

    January 16, 2010 at 4:41 pm

    • sama bagusnya sih peluangnya. gajinya ?? hmmm
      kalo kesehatan, misal kedokteran, kamu spesialis, dan laris, kamu bisa dapet pendapatan puluhan juta per bulan. tapi mau jadi spesialis minimal butuh 6 tahun setelah dapet sarjana kedokteran.

      seorang engineer di perminyakan, dengan pengalaman 6 tahun juga sangat mudah mendapatkan gaji 30 juta keatas. apalagi kalau di luar negeri. fuihhhh… duitnya bisa bikin sakit jantung. hahaha.

      selamat belajar,
      semoga membantu.
      sukses selaluu

      fathonezic

      January 24, 2010 at 9:18 am

  94. Bg, mau nany tntng tknik mesin. Saya dngar lulusany udah bjibun jdi bnyak yg nganggur, bnar gk? O y tlong dng tntng prospek k dpany?

    Bib

    January 31, 2010 at 4:38 am

    • tergantung dek, silakan masuk teknik mesin ITB, UI, UGM dan ITS jika anda meragukan prospek teknik mesin.

      fathonezic

      February 3, 2010 at 10:10 am

  95. siang bang.. bingung nih..
    saya punya dik yang sudah smt 4 di Psikologi. dia ngak minat kuliah disana. dia pingin ngambil di UPN Perminyakan (ITB ngak mungkin, kita keluarga ngak mamp).
    kira2 prospek perminyakan 10 tahun ke depan gimana ya.. analisis dari awal kan 5 tahun, (artikelnya 2008 sekarang 2010) kalau 5 tahun sisa 3 tahun donk.

    saya sangat membutuhkan informasi tersebut..
    saay berharap bisa komunikasi lewat email juga.
    terimaksih
    junaidi0312@gmail.com

    jhon

    March 12, 2010 at 4:45 am

  96. Sya mau nanya, sbenernya kampus ber akrdtasi C pgngaruh gk ke dunia krja?khususnya perminyakan?
    Apa lulusanya bkal diterima di perusahaan oil ?
    Wlwpun nanti IPK nya >3 ?
    Tlng d.jwb

    ChandRa

    April 14, 2010 at 6:35 am

    • ngaruh mas… tapi jurusannya apa dulu ??

      setau saya buat kampus negri gak ada yang C deh…

      fathonezic

      April 14, 2010 at 3:31 pm

  97. Jurusan perminyakan.
    Apa pngaruh ke dunia krja?
    Sya pernah denger,orang luar negri lbih ngehargai hasil krja kita di banding surat2 ijazah dll,emg bner?
    Jadi intinya,apakah ipk >3.0 di kampus perminykan dgn akrditasi C gak bisa masuk big oil company?

    ChandRa

    April 14, 2010 at 7:21 pm

    • surat ijazah itu pentingnya buat tes administrasi. kalo soal ngaruh nggaknya, tergantung oil company nya. yang jelas, univ besar di bidang perminyakan gak mungkin C akreditasinya. kalo boleh tau universitas mana ????

      ane baru bisa jelasin lebih lanjut jika disebutkan. karena ane bingung.

      fathonezic

      April 15, 2010 at 1:14 am

  98. Kmren sya liat akrditasi di situs BAN-PT, ada univ perminykan di pulau jawa yg akrditasi.a C, bgtu jga kalo gak salah kmpus perminykan di sumatra n di balikpapan.
    Coba lhat di situs BAN-PT untk lbh rinci.a .
    Jadi,sya msh bngung hbgan antara akrdtasi dngn prospk krja,sdangkan kampus nya ada krjasama dngan bebrapa prusahaan oil company.
    Apa kah benar qt bisa krja di perushaan tersbut.

    ChandRa

    April 15, 2010 at 2:53 am

    • Saya pastikan untuk UGM, UI, ITB, trisakti, UPN gak mungkin C.

      kalo mau masuk oil company besar, amat sangat disarankan masuk di PT yang saya sebutkan.

      mengapa ????
      harus diakui, dunia kerja sangat tergantung dengan networking. yang kedua, jujur, oil company butuh banyak orang pintar. lulusan univ tersebut jelas bukan lulusan biasa. yang ketiga, memang kebanyakan oil company mensyaratkan IPK tinggi. Bahkan Exxon hanya mengundang lulusan yang IPK nya minimal 3,4. dan yang diundang bukan dari universitas biasa. seperti pengalaman saya, tanpa ada lowongan, lulusan2 UGM dengan IPK 3,4 keatas untuk jurusan teknik banyak yang ditelpon secara langsung untuk wawancara.

      jarang sekali yang mensyaratkan dibawah 3. SLB memang syaratnya 2,75, tapi anda bisa kesana dan lihat dari mana saja karyawan SLB berasal.

      terlihat kejam dan diskriminatif ?? ya… namun begitulah kenyataannya. petinggi2 perusahaan besar adalah alumni univ2 besar. antar univ ingin menjaga hegemoni almamater di perusahaan mereka. contoh gampang saja. Unilever. anda akan sangat sulit menemukan alumni UGM disana. karena sudah sangat dikuasai ITB dan UI. kalaupun ada alumni UGM, bisa dipastikan ia tidak akan bertahan lama, karena kondisinya memang seperti itu.

      saya pernah berbicara dengan seorang petinggi oil company. lulusan univ 2 tersebut sudah diakui sekali. kenapa ?? karena untuk masuk saja harus bekerja keras. untuk bisa lulus pun tidak mudah. sementara lulusan univ lain bisa dianggap pecundang. kenapa ?? anda bisa menjawab sendiri… sekali lagi bukan saya yang ngomong….

      mungkin sangat menyakitkan jika anda tahu kenyataannya. lulusan univ kecil, jika mau mendaftar, bahkan berkas pendaftaran mereka langsung dibuang. gak dibaca dulu. itu kenyataan yang ada…

      lalu apakah lulusan univ kecil gak bisa masuk oil company ?? bisa2 aja… namun mengandalkan pengalaman. harus dimulai dari level bawah. maksud saya, oil company vendor, atau EPC. setelah beberapa tahun, dengan pengalaman, baru bisa daftar yang besar. untuk EPC pun, levelnya sudah ditempatin univ2 besar juga. EPC2 kecil pun sekarang yang ngisi tetep lulusan univ besar…

      masih bingung ??

      fathonezic

      April 15, 2010 at 3:18 am

  99. Iya sih,saya jg pernah merasakan dmikian.
    Memang iktan alumni sngat kuat.
    Jadi,intinya univ kecil makin gak ada peluang kerja di perminyakan donk kalo gtu??
    Untuk sektor gas gimana mas?
    Lalu untk tugas spesif S1 perminykan dalam dunia krja tuh apa?
    Sya blm agak pham.

    ChandRa

    April 15, 2010 at 3:43 am

    • pernah merasakan ??
      sektor gas..???
      saya pernah kasih contoh…
      rekrutmen PT Badak (BUMN Gas). yang daftar ribuan….
      tahun 2008
      yang diterima 13. 6 ITB, 5 UGM, 1 UI, 1 ITS. silakan ditafsirkan sendiri.

      perminyakan dibagian eksplorasi dan eksploitasi. saya gak terlalu tau. kuliah dimana sekarang ?

      fathonezic

      April 15, 2010 at 4:16 am

  100. Oia,mas orang wates ?
    Saya dri triharjo,,
    Tnyta qt satu daerah mas.
    Slam knal y.

    ChandRa

    April 15, 2010 at 4:03 am

  101. Sbnr.a sya lu2sn smk bidang kshatan,skrg sya krja drumah skit d.jakrta.
    Tp sya trtarik ke dunia perminykan,jd sya pgn putar haluan.
    Sya prnah tes di upn tp gk lo2s,mgkn krn sya dh lma krja jd plajaran dh agk lupa,akhr.a sya coba di PTS perminykan d.jogja n alhmdlah d.trima.
    Tp y seperti yg sya blang d.atas td,,
    Maka tu sya lg cri rfrensi sbnyk bnyk.a ttng prospk ke dpan.a .

    ChandRa

    April 15, 2010 at 4:54 am

    • coba tes lagi di UPN. saya tau univ apa yang dimaksud :)
      ambil perminyakan, pertambangan, geologi, atau teknik geofisika. semuanya worthed.

      prospeknya lumyan…

      tapi kalo perminyakan, susah dapat di EPC. harus oil company. vendor juga hampir gak mungkin. jadi kalo univ nya kecil… saya gak bisa jamin…

      EPC dan vendor biasanya teknik umum. atau bisa juga dicoba geologi apa pertambangan di STTNas. tapi pertambangan arahnya ke tambang. tambang juga ok kok.

      kalo mau, mending dari SMK masuk lewat jalur drafter. ikut kursus jadi drafter. lalu jadi drafter di EPC. ikut kursus lagi PDMS. kalo udah level PDMS, gaji besar itu gak susah2 amat. apalagi ada puluhan perusahaan EPC di indonesia..

      pas kerja bisa disambi kuliah S1. bisa ambil sipil apa mesin.

      SMK sendiri bisa kok langsung lamar oil and gas… gak usah kuliah dulu. banyak sekali lowongannya…

      fathonezic

      April 15, 2010 at 5:29 am

  102. Tp kan saya smk kesehatan bkan smk tehnik . .
    Yg d.mksd kursus drafter tu gmana?
    N dmana?
    Saya asing dnger kata itu.
    Apa anda bisa ksh kntak biar sya lngsng tny ke anda lngsng?
    Supaya jelas aja.

    ChandRa

    April 15, 2010 at 5:46 am

  103. Apa ada yg tau lokasi drafting school di kalibata?
    Dan apa prospek ke dpan nya?
    Trims . .

    ChandRa

    April 17, 2010 at 2:09 am

  104. Gini mas,Saya dah diterima di teknik kimia undip terus gimana ya peluang kerja dari lulusan teknik kimia undip itu sendiri? Atau saya coba ikut SNMPTN aja biar masuk UGM,ITB,atau UI.
    trims

    dimas

    April 21, 2010 at 3:18 am

    • di artikel saya sudah menyebutkan kalo teknik kimia undip adalah salah satu yang terbaik. so, good luck yaa

      fathonezic

      April 21, 2010 at 3:59 am

      • ok deh mas.

        dimas

        April 22, 2010 at 3:13 am

  105. aslm wr wb, bang andhy

    saya ini siswa SMA yang alhamdulillah lulus ujian tulis, dan pilihan pertama saya dapatkan di Fisika Teknik UGM

    awal2nya, saya yakin banget nih masuk Fisika Teknik karena ilmunya interdisiplin

    tapi tau2nya saya kok tiba2 bimbang ya? dikarenakan ilmu yang interdisiplin itu. Ada yang bilang belajar di fisika teknik tu gak fokus. Dan entah kenapa, saya liat di forum2 lain, kesannya pada pengen ngejatohin fisika teknik gitu, yaa kayak saling menjelek2an gitu. Padahal kan semua ilmu Teknik saling berkaitan

    PLUS, fisika teknik UGM itu katanya dapet akreditasi B ya?

    temen2 saya pada ngomenin saya ‘ngapain sih lu masuk fisika teknik? jelas2 akredistasinya B, knapa gak fisika teknik ITB/ITS?’

    ya saya jawab aja, ‘tenang aja, nanti gue yang bikin Fisika Teknik Akreditasinya A, dan kenapa gue gk milih ITB/ITS? Mahal rek, UGM Murah Poll, hehe’

    tapi jujur, hati saya masih labil nih bang, jadi bisa gak bang andhy bantu kukuhkan hati saya biar jadi bener2 terpaut ke fisika teknik ini

    Makasih banyak ya bang (:

    Maba Fistek

    April 22, 2010 at 5:38 am

  106. mas minta alamat emailnya dunk… maw tanya2 ni…hehe

    gwe

    April 28, 2010 at 11:48 am

  107. bagaimana dengan teknik geodesi ugm? masih adakah peluang cerah untuk masa depan? thanks.

    Azmi

    May 2, 2010 at 9:27 am

  108. mas ,, saya baru lulus sma ,, saya alhamdulillah udah diterima di geofisika ugm dan teknik kimia undip . terus karena pertimbangan jarak saya ambil yang geofisika ugm , yang undip saya lepas . kira-kira kalo untuk cewek prospeknya gimana ya mas ?? makasih ..

    arachan

    May 7, 2010 at 12:26 am

    • napa kaga ambil yang t. kimia?? lebih luas lap. kerja yang t. kimia menurut saya..pa lagi kalo anda lulus cumlaude, dah banyak perusahaan yang bakal menerima

      fat

      June 3, 2010 at 5:45 am

  109. ahhh .. mao jurusan sekeren apapun tapi kalo kita jalaninnya gak fun , tetep aja ..

    bobo

    May 7, 2010 at 1:21 pm

  110. saya sudah diterima di teknik geofisika upn yogya tapi juga daftar SNMPTN di Teknik industri Unibra dan akuntasi Universitas Jember kalau nanti yang diterima di akuntasi mana yang harus saya pilih di geofisika UPN atau akuntasi Unej.

    yoyon

    June 3, 2010 at 8:43 am

    • sebaiknya geofisika upn.
      saya kira akan jauh lebih bagus prospek kerja nya. terutama karena univ jember belum punya nama besar :)

      andhy

      September 16, 2010 at 5:33 pm

  111. ka, konsultasi ke email aja ya? boleh kan?

    lele

    June 22, 2010 at 1:41 pm

  112. mas,kalo di t.geologi n t.geodesi banyak pelajaran hafalanya g y..?

    mei

    June 25, 2010 at 2:13 am

  113. mas mau tanya ,,,menurut mas management ekonomi kedepannya bgus g???? trus kalo JUR T.I dan S.I kan hampir sma..kalo saya ambil S.I kedepannya bgus g ya ??? tlong dijawab ,,saya mau daftar kuliah 1 bulan lagy,,tp mch bingung

    dian

    July 14, 2010 at 1:33 am

  114. Mas, geofisika ugm prospekx gmn ya?
    Thx

    Maba Ugm

    July 16, 2010 at 2:10 am

  115. numpang tanya kak, aku pengen masuk IPB nih..
    kira kira juruan yang prospeknya cerah apa ya?
    mohon bantuannya.

    mega

    July 22, 2010 at 12:23 am

  116. mas saya mau tanya, saya mahasiswa baru Teknik Geomatika ITS. saya ingin tahu lebih lanjut tentang Teknik geomatika, bahan2 pembelajarannya, prspek kerja lulusannya, apakah bisa kerja di perusahaan tambang/minyak? apalagi kerja perusahaan tambang dana minyak luar negeri? thanks

    alan rahadian

    July 24, 2010 at 5:05 am

  117. jurusan perpajakan ST*N prospek nya bagus juga tuh,,
    hahahhah……..
    gajinya jutaan dolar Bos… ^^

    pasid

    July 30, 2010 at 10:14 am

    • kalo jutaan dolar, jelas gak mungkin mas.
      gajinya cuma jutaan rupiah kok.
      nah kalo yang kreatif seperti gayus, baru ada penghasilan tambahan jutaan dolar :)

      andhy

      September 16, 2010 at 5:36 pm

  118. mas mau tanya….saya di terima di teknik perminyakan trisakti juga tek industri unpar…tp saya bngung milih yang mana..hati saya ingin ke perminyakan itb tapi gagal,bagaimana menurut mas? apakah dari tek minyak trisakti dapat di jamin untuk masa depan? soal ny saya liat akreditasi tek minyak trisakti akan habis taun 2011 saya tkut turun jadi c ..mohon di jawab secepatnya mas

    genta

    August 2, 2010 at 8:31 am

  119. mas mau tanya….saya di terima di teknik perminyakan trisakti juga tek industri unpar…tp saya bngung milih yang mana..hati saya ingin ke perminyakan itb tapi gagal,bagaimana menurut mas? apakah dari tek minyak trisakti dapat di jamin untuk masa depan? soal ny saya liat akreditasi tek minyak trisakti akan habis taun 2011 saya tkut turun jadi c ..mohon di jawab secepatnya mas…mohon secepatny y mas

    genta

    August 2, 2010 at 9:56 am

  120. Kepada Mas Andhy Fathoni ditempat,
    Tulisan tentang artikel ini sangat bagus dan bermutu, memberikan pencerahan bagi anak – anak yang ingin melanjutkan studi kuliahnya dan masa depan nya.
    Saya ikut banyak tes untuk masuk PT di ITB, UNPAD yang ujung-ujungnya hanya ingin diterima di teknik Geologi. Hasilnya gagal.
    Saya berpindah ke Perguruan Swasta dan yang saya cari itu Geologi dan diterima di Trisakti. Pertanyaan saya, menurut mas Andhy, kedepannya dan mutu nya Geologi di Trisakti itu bagus kah walaupun tidak sesinar ITB UGM, dan masalah karir nya kedepan bagaimana juga mas?
    Setelah itu jika sudah Undergraduate dari Geologi, jurusan untuk Graduate yang sesuai apa ya mas?

    Terima kasih, dan harap mas menjawab jika ada kesempatan.

    Basmala

    August 6, 2010 at 9:48 am

    • tidak coba ambil UPN jogja ??
      prospeknya cukup bagus terutama di pertambangannya :)

      andhy

      September 16, 2010 at 5:34 pm

  121. mas, saya mau nanya kira2 prospeknya bagusan STEI ITB atau FTTM ITB
    apakah lulusan FTTM ITB sudah pasti di terima bekerja di perusahaan besar?
    trima kasih :-)

    Rian

    September 15, 2010 at 5:47 pm

    • bagusan STEI. lebih menjamin.
      tapi FTTM juga bagus banget. sebenernya semuanya ga da jaminan, tapi kemungkinannya kecil sekali alumni FTTM dan STEI sampai menganggur :)

      hanya saja jangan sampai terlena sampai akhirnya DO :)

      andhy

      September 16, 2010 at 12:08 am

  122. mas, bagusan teknik METALURGI UI atau FTTM ITB?
    Trims

    frien

    September 16, 2010 at 4:39 pm

    • dua duanya bagus…

      tapi nama besar ITB dan jaringan yang kuat menjadikan FTTM ITB menjadi terlihat jauh lebih superior dan lebih menjamin prospek kedepan :)

      andhy

      September 16, 2010 at 5:28 pm

  123. oh ya, biaya kuliah FTTM ITB apakah lebih mahal dibandingkan jurusan lain?

    frien

    September 16, 2010 at 4:42 pm

    • setau saya, biaya tiap fakultas di ITB sama.
      :)

      andhy

      September 16, 2010 at 5:29 pm

  124. saya mau kuliah di bidang pertambangan. apakah ada jurusan di UI, yg punya prospek seperti FTTM ITB, karena saya mau kuliah di UI
    kira2 jurusan apa yg saya ambil?

    bryan

    September 17, 2010 at 2:42 pm

    • yang seperti FTTM gak ada mas :)

      tapi teknik mesin bisa kerja di tambang dan minyak kok.
      teknik kimia bisa di minyak. teknik elektro jg bisa di minyak

      andhy

      September 18, 2010 at 10:50 am

  125. kira2 di UI, bagusan T.MESIN,T.INDUSTRI,T.KIMIA?
    T.KIMIA kerja di bidang apa aja?
    apa cukup menjamin?

    deni

    September 18, 2010 at 7:42 am

  126. metalurgi untirta saya rasa cukup berprospek…

    ganesha

    September 30, 2010 at 12:38 pm

  127. gmn dg prospek jurusan administrasi niaga atau sebangsax? sbnerx q pngenx msuk keperawatan, tp ortu nyuruh di perkantoran.

    Fitriatus

    November 3, 2010 at 9:04 am

  128. numpang nimbrung juga nih..
    maaf setahuku klo skrg ni lg marak2ny pencrian energy terbrukan khususny biodisel n kwan2 sbg pnggnti bhn bkr dr mnyk bumi yg hmpr punah,and than bnyk dbthkn tng tknk kimia sbg engineer process or R & D,n to T.fisika,T.elektro,T.mesin sbg penunjang kegiatn d prosess…
    soo for chemical engineering tak ada matinya roda perindustrian…
    Long life for Chemical Enggineering…
    & jurusan lainnya..

    Al-bukhari

    November 18, 2010 at 3:13 pm

  129. for deny
    klo jurusan tekkim tu I think in all aspek industry,sebab T.Kimia bs d industri hilir,hulu bahkan di pertmbngn n perminykan pun gool…bhkn bs sbg engineer→corrosion yg msh sdkt yg pegang n bnyk yg nyari (insya’Allah tu info dr dosen sy wkt dl msh kul)..n kbtln sy kerja d slh stu perusahaan lube oil di pasuruan milik pmc alias cina sekrg,tp dulu msh milik pma(italia th 1999 insya’Allah)…

    Al-bukhari

    November 18, 2010 at 3:25 pm

  130. mas,
    sy pngen msuk jrsn t.geofisika antra itb atau upn…..
    Gmn dgn org yg mmlk ipk rndh??
    Apkh msh ada pluang krj yg ckup bsar??
    Tes apa sj biasanya utk msuk ke itb atw upn utk jrsn t. Geofisika sih??

    asdert

    January 7, 2011 at 6:58 am

    • usahakan IPK jangan kecil, karena bagaimanapun juga segalanya dimulai dari IPK untuk melihat kualitas seseorang walaupun hal ini bukan jaminan IPK yg tinggi lebih pintar daripada yg rendah.

      untuk TES tetap setandar yaitu Kemampuan Dasar dan Kemampuan IPA, jd tidak terbatas pd Jurusannya.

      jeroanayam

      May 4, 2011 at 12:12 pm

  131. mas andhy,,,
    aq anak klas 3 sma jur. Ipa.
    Aq mao tnya, di ITS kan adanya teknik geomatika,, nah bedanya ama geologi ama geofisika apa??
    Trus prospeknya gimana?? Soalnya aq snmptn nti mao msk situ,,
    sama tlong jelasin dong ttg tknk planologi ITS,, prospeknya jga gmn??
    Tlong jawab scepatnya ya mas,,
    aq bner2 btuh saran dan pandangan,,
    mkasih,,

    tommy

    January 21, 2011 at 12:11 am

  132. kalu tentang kesehatan masyarakat peluangnya besar atau tidak untuk beberapa tahun yang akan datang

    feaa

    February 1, 2011 at 2:08 pm

  133. mas numpang tanya, teknik material its bagus gak?
    kira kira prospeknya gimana?

    ray

    March 18, 2011 at 7:44 am

  134. Weitz, jurusanku ditulis di no 12. Thanks Dhy! Hehehe.

    febriosw

    March 22, 2011 at 1:53 am

  135. mas saya mau nanya nih, sebenarnya sudah ada yg bertanya sperti ini tapi saya masi kurang jelas dgn pernyataannya mas . teknik geologi sama teknik geodesi bagusan mana yaa? prospek sama tapi kalo d liat dari penghasilannya lebih tinggi yang mana? mohon penjelasannya .

    izet

    March 26, 2011 at 2:34 pm

  136. TERIMA KASIH MASUKANNYA Y.
    Good lah..

    syawal

    April 25, 2011 at 10:46 am

  137. numpang nanya nih mas klo teknik sipil dengan kesehatan masyrakat prospek kedepannya bagusan mana?? oke itu saja pertanyaanku

    Thank’s before

    Wibowo

    June 30, 2011 at 12:10 pm

  138. bagusan geologi ato arsitek? kalo tanya minatnya gwsuka 2-2nya.. arsitek karena saya suka disain bangunan .. kalo geologi karena saya cinta bumi dan alam ini bung.. suka banget gw kerja di alam bebas.. cma gw juga suka disain gedung dan ini sudah saya sukai dari SD..

    snmptn saya ketrima di UNDIP..
    jurusan arsitektur.. tpi saya juga uda ada jurusan geologi di trisakti.. pilih yang mana ya gan?

    sam

    July 5, 2011 at 3:06 pm

  139. Kalo prospek kerja di fistek ugm gimana ya?

    fistek 2011

    July 7, 2011 at 5:20 am

  140. saya teknik industri undip,gimana ya mas?

    Amayta Rahma Nuriza

    July 17, 2011 at 2:16 pm

  141. saya dapat T.arsitek undip kira2 prospek ke dpn nya bgs gag ?
    bgs gag ?

    deby

    July 18, 2011 at 3:24 pm

  142. om mau tanya nih. Untuk prospek lulusan Teknik Geologi UNDIP bagaimana yah?. apakah mudah untuk mencari kerja di perusahaan tambang/minyak?

    geologist

    July 19, 2011 at 12:11 pm

  143. kalo saya mau ambil jurusan geografi UI prospek kedepannya gimana?

    erin kinanthi

    August 13, 2011 at 12:51 pm

  144. plis bgt ya di bales

    erin kinanthi

    August 13, 2011 at 12:53 pm

  145. selamat sukses semuanya

    farhan_fachri18@yaoo.com

    August 29, 2011 at 4:03 pm

  146. Assalamualaikum……….
    Mas Andhy numpang tanya mas,…..
    kalo mau masuk Teknik Elektro ITS modal Matematika cukup ga mas,……..????
    mw tanya kalo di ITS jurusan yg greadnya ga terlalu tinggi tapi prospeknya bagus, Apa mas,…….???
    Udah trima kasih mas, di tunggu balasnya
    kalo sempet di bales y

    Yogz

    September 4, 2011 at 3:32 pm

  147. klo teknik planologi/ pwk bagaimana prospek kedepannya??
    kebetulan cukup tertarik dengan planologi…

    doni

    September 28, 2011 at 1:48 am

  148. Bupati daerah sya nda ada skolahnya
    Dari SD-SMA smuanya ijasah paket…
    Malahan skarang sudah mau jdi gubernur!!
    ga pke ijasah teknik geologi or teknik DLL
    Bisa juga dia sukses….

    jhon

    October 12, 2011 at 3:06 pm

  149. ijin share ya buat anak-anakku d sekolah…:)

    siti rohimah

    November 30, 2011 at 12:12 pm

  150. saya liat salah satu komen abang diatas ada tulisan maksutnya suruh hafal simfoni itu apa ya? kalo jurusan geologi swasta yang bagus dimana ya? ya buat cadangan kalo ga diterima di UGM, LAGI GALAU MAU MASUK PERTAMBANGAN ATAU GEOLOGI,MOHON SARANNYA TERIMAKASIH

    rizky oktabriyadi

    December 14, 2011 at 5:02 am

  151. Geofisika sama geologi itu bedanya apa kak?

    Naura

    December 21, 2011 at 2:12 pm

  152. t.kimia undip bagus ga ya ? meskipun udah baca beberapa koment di sini saya jadi bingung. kebidanan apa tek.kimia??

    buat jaga2 mumpung masih ada waktu. :D

    nurrul

    December 24, 2011 at 12:43 pm

  153. web nya membantu sekali.. Makasih yaaaaaaaa :D
    Walaopun ga tau bakal bs nerusin pndidikan apa ga.. Ahahah :p

    ratih manjari

    December 29, 2011 at 9:06 am

  154. ka’ saya anak kelas 3 sma dan mau ikut tes upn, sya bingung lebih bagus teknik pertambangan or perminyakannya ya?? terus prospek kerja untuk teknik perminyakannya gimana? kerjasama dengan perusahaan o & g nya bagus ga?

    milanistii

    January 6, 2012 at 7:42 am

  155. Bagaimana dengan prospek kerja sastra cina?

    Fiqhi

    January 22, 2012 at 5:16 am

  156. kak, kalau untuk jurusan seperti geologi, geofisika, teknik kimia, teknik fisika, dll gitu yang cocok buat cewek apa ya?

    di bales ya kak?

    di bales ya kak secepatnya! cz lagi butuh banget nih

    Wedari

    February 5, 2012 at 9:32 am

    • kalo diantara 4 jurusan itu, yg paling cocok dg cewek itu teknik kimia dan teknik fisika.
      selain itu mungkin planologi dan arsitektur

      andhy

      February 5, 2012 at 4:56 pm

      • jurusan teknik fisika dengan jurusan fisika itu beda ya kak?

        wedari

        February 9, 2012 at 9:21 am

  157. aku mau sharing ka, aku mahasiswa elektro.. kuliahku baru berjalan 1 semester tapi aku ngrasa ga betah sama jurusan ini, padahal peluang kerjanya lumayan.. menurut kaka lebih baik pindah jurusan apa tetap bertahan

    Hanip Ramadhani II

    February 8, 2012 at 2:43 am

  158. @wedari

    jurusan teknik kimia dengan jurusan kimia beda gak kira2 ??

    andhy

    February 9, 2012 at 6:09 pm

  159. Wadid Mujtaba Fillah…. semoga tercapai bila kau hendak mengabdikan dan mengembangkan ilmumuy dibidang fisika tehnik.

    Alalan Tanala

    February 12, 2012 at 4:40 am

  160. thanks,,,,,,,,

    Agustini Sri Rahayu

    March 3, 2012 at 9:27 am

  161. kalau kedokteran hewan prospek kerjanya gi mana kak??
    apa kedok hewan juga lagi dibutuhin banget??
    mohon jawabannya..

    mindiya

    March 27, 2012 at 3:57 am

    • prospek…dulu saya jg berpikir jurusan teknik paling prospek…tapi setelah saya alami sendiri..ternyata drh gak kalah juga…bisa kerja di pemerintah…perusahaan swasta, wiraswasta, praktek mandiri…tergantung kita,… mau jadi birokrat, kuli atau pengusaha…alhamdulillah saya telah tersesat ke jalan yg benar

      drh Banterwyd

      February 14, 2013 at 4:09 am

  162. permisi mau tanya. untuk teknik geologi cocok ga ya untuk wanita? lalu universitas mana yang bagus untuk jurusan teknik geologi? mohon sarannya yah dan infonya juga , trims :)

    ratihalfzet

    April 8, 2012 at 6:43 am

  163. jdi bagaimana bg dengan jurusan arsitek!
    apakah lapangan kerjanya masih bnyk?

    hisar sianturi

    May 5, 2012 at 3:05 am

  164. ka saya mau tanya lebih bagus geodesi ugm atau geologi undip?

    jdja

    May 17, 2012 at 7:36 am

  165. tahun ini (entah mulai kapan) ada jurusan urusan baru, salah satunya pendidikan akuntansi..
    menurut Anda apakah prospek kerja untuk kedepannya cerah?

    atas jawaban & respon Anda, saya ucapkan terimkasih..
    Maaf, saya butuh jawaban secepatnya…
    ekali lagi, terimakasih atas bantuan Anda…

    ka Azizah

    May 28, 2012 at 11:18 pm

  166. Mas bagaimana dengan prospeknya geomatika apa hampir sama dengan

    Ori

    June 2, 2012 at 6:51 am

  167. Kira2 kalo FMIPA itu kerjanya nanti dibagian kayak apa yaa??

    adriyani

    June 27, 2012 at 10:38 am

  168. masbrow kira kira pertambangan sama teknologi informasi lbih maju yang mana prospek nya dalam 4 tahun kedepan ?????

    sulis

    July 7, 2012 at 2:54 pm

  169. kk, prospek teknik elektro UNDIP bagaimana yaa???
    mohon bantuannya donk..

    dinar

    July 8, 2012 at 6:35 pm

  170. Kalo teknik kimia peluangnya besar nggak?
    Mohon bantuannya yaa.terimakasih :)

    Vilda

    July 26, 2012 at 3:50 am

  171. ada yang tau soal tes upn?

    dika

    July 27, 2012 at 4:24 am

  172. bang mau tanya, ak ketrima di teknik geodesi undip, kalau teknik geodesi undip itu prospeknya gmn ?? bagus g?? cs undip kan universitas bukan institut? kalo salary nya teknik geodesi lulusan undip kisaran brp??

    gemuruh

    July 31, 2012 at 5:23 pm

  173. Numpang nanya agan”.. saya k trima di teknik geodesi dan geomatika Institut Teknologi Sumatera ( Anak Cabang ITB yg ad di Sumatera), kira prospek kerjanya besar g ya, agan”?

    Mhon komennya y agan”..
    Thanks..

    Doni

    August 9, 2012 at 7:15 pm

  174. bang saya mau bertanya,,
    saya mahasiswa tingkat akhir jurusan fisika.kiri-kira fisika bidang material mempunyai prospek yg bgus g buat kedepannya??
    klau iya seperti apa bang?
    terima kasih,,

    juwita safitri

    August 10, 2012 at 5:21 am

  175. Salam, wah tulisannya sangat bagus dan informatif.
    numpang tanya yo
    saya sekarang kelas 2 sma jurusan ipa, saya sangat berminat pada jurusan teknik geofisika, saya sangat tertarik dengan jurus teknik geofisika ITS yang baru dibuka tahun ini. apakah prospeknya cukup bagus? berhubung jurusan ini adalah jurusan baru di ITS. sama recommend dong jurusan ini di PTN mana aja adanya? yang prospeknya bagus ya :D sama, tentang teknik geomatika, prospeknya bagus gak ya? apalagi di ITS akreditasinya baru B. tolong dijawab mas. Thanks before :D

    hhh

    August 21, 2012 at 12:09 pm

  176. kak mau nanya ni gmn prospek kerja teknik geoesi ugm di dunia pertambangan sama oil company? penghasilan geodesi gmn di pertambangan? apakah sudah bnyak anak geodesi khususnya ugm dikancah pertambngan n oil cmpany yg besar??? mohon infonya kak,,saya sangat perlu,,terimaksih

    Sapta Hadi

    August 25, 2012 at 8:00 am

  177. kak kalo jurusan agribisnis kan bisa jadi pengusaha ya, kalo teknologi industri pertanian bisa nggak sih ka? mohon dibales ya ka, butuh info banget…. makasih sebelumnya :)

    Rini R

    September 1, 2012 at 1:21 pm

  178. Sayang sekali tidak ada TEKNIK KELAUTAN ITB & ITS di pebahasan diatas. Mungkin karena jurusan Teknik Kelautan tidak ada di UGM makanya dianaktirikan, hehe…

    Coba tanya di mbah google alumni Teknik Kelautan ITB & ITS kerja dimana? :)

    Explorasi minyak & gas (migas) bumi sudah mulai jarang dilakukan di daratan karena cadangannya sudah semakin menipis. Sekarang, explorasi migas semakin gencar dilakukan di lepas pantai & laut dalam! Kenapa? Karena teknologinya untuk membangun/semua fasilitas pengeboran itu di lautan sekarang sudah memungkinkan, disinilah peran Teknik Kelautan!

    Disinilah alumni Teknik Kelautan (ITB & ITS) bekerja:

    Offshore platforms engineering & construction, offshore pipeline engineering & construction (untuk mengalirkan migas dari laut ke darat), subsea template, subsea cables installation, pelabuhan, struktur pelindung pantai (breakwater), reklamasi & pengerukan, pembangunan fasilitas pengolahan migas di pantai & lepas pantai, jembatan antar pulau, dan masih banyak lagi.

    Diperusahaan apa alumni Teknik Kelautan bekerja??

    Di perusahaan migas?? Banyak sekali, alumni Teknik Kelautan dari ITB & ITS bekerja di hampir semua perusahaan2 bidang migas, terutama di perusahaan2 EPCI & EPC. Oil Company?? Jangan salah, disini jg alumni Teknik Kelautan ngga kalah banyaknya! Sekarang oil & gas company mana yg tidak ada alumni Teknik Kelautan ITB & ITS??

    BUMN?? Alumni Teknik Kelautan skrg banyak diserap di PU, kementrian energi (ESDM), BP MIGAS, PERTAMINA, Department Kelautan & Perikanan, & PT. PELINDO.

    Belom lagi perusahaan2 yg bergerak dibidang konstruksi bangunan pantai dan reklamasi. Bidang ini menjadi pelabuhan terakhir alumni Teknik Kelautan krn secara finansial masih lebih menjanjikan bidang migas.

    Kenyataan sekarang, sekitar 60% alumni Teknik Kelautan ITB diserap perusahaan2 swasta/asing di sektor migas. Sisanya diserap BUMN dan kontraktor2 swasta di bidang konstruksi bangunan pantai, pelabuhan, pengerukan, & reklamasi.

    kang kabayan

    September 8, 2012 at 11:05 pm

  179. thanks atas infonya. Saya sempat bingung antara memilih fakultas dan juga universitasnya.
    Pertama UI, POLBAN, POLJAK.(untuk negeri) kedua UNTAR, TRISAKTI, BINUS (untuk swasta)
    dan akibat adanya artikel ini saya sangat berterimakasih sekali. Dan unek-unek masih membungkam penat dipikiranku antara fakultas teknik mesin dan industri, kira-kira yang menjamin yang mana? Dan di universitas mana?

    rudi fauzi al mustari

    September 16, 2012 at 7:47 am

  180. aq tidak suka pelajaran fisika tapi aq suka biologi,, apakah itu cukup buat saya masuk ke kedokteran,,
    jawab secepatnya ya,,, makasih

    : evvy ,

    evvi puji lestari

    December 11, 2012 at 3:00 am

  181. kebetulan saya mahasiswa FTI ITB,dan taun depan udah penjurusan,saya bingung memilih antara jurusan fisika teknik dengan teknik kimia,dua2nya punya gelar ABET,tapi katanya teknik kimia tuh kalau di industri kimia jabatannya lebih tinggi,tapi saya suka juga sama fisika teknik soalnya futuristik banget,ada yang bisa ngasih pendapat?

    FTI12

    December 21, 2012 at 10:35 am

  182. Kalau misalkan kita jurusan IPS dan ngambil fak.pertambangan di vet.yogyakarta bisa ga sih? kesempatan masuknya besar ga?

    Kadisya Kusuma

    January 10, 2013 at 2:40 pm

  183. mas saya pengen kuliah di teknik fisika atau kimia kira kira di unpad ada gax ya jurusan tersebut atau di universitas mana saja yang ada yang pasti bagus dan murah
    bagaimana prospek kedepannya?
    rata rata biayanya berapa dari masuk
    sks
    spp
    dan lainnya
    tolong ya saya takut kalo kalo gx dibiayai
    alo jurusan PLB bagaiman di univ manasaja? biayanya berapa? prospek nya bagaimana?
    tolong mas saya pengen kuliah
    saya harus terlibat dalam pembangunan dunia

    devi yulianti waFIAH

    January 16, 2013 at 12:47 pm

  184. kalo teknologi bioproses UI prospeknya bagus nggak kak ?

    putri

    January 16, 2013 at 4:40 pm

  185. makasih atas infonya, sangat bermanfaat buat saya.
    trus kalo teknik informatika UGM prospek kerjanya bagus gak kak?

    Wulan

    January 21, 2013 at 1:00 pm

  186. kalo teknik kelautan prospek kerjanya gimana?

    Linda

    January 29, 2013 at 3:16 pm

  187. mau nanya nii buat semua yang ada disini, ,,
    kalo teknik mesin UNDIP gimana yaa?
    bagus apa enggag sii?

    widi okta

    February 1, 2013 at 5:36 pm

  188. aku ingin kerja di oil company
    T Geodesi, T geologi, T geofisika UGM bagus mana ???
    niatnya mau di T geologi UGM tapi katanya ospeknya 1 sem, wah capek
    kalo di T geofisika gimana ???
    mohon pencerahan :D

    ibnu

    February 19, 2013 at 3:16 pm

  189. teknik geologi di unpad bagus ga ? trus alumni nya ada yg lngsung diambil perusahaan asing kaya ITB ? hehehe tolong dijawab yah :)

    tata_claudia

    March 2, 2013 at 1:44 pm

  190. kalo kesmas prospektif kerjanya gmna ? thx

    puya

    March 7, 2013 at 10:42 am

  191. jika jurusan administrasi negara gimana kak ?

    bagus ndak sie n jdi apa tar jika kita udah lulus….aku tu ngembet bnget jurusan ini..kata pak guru aku jelek ..jurusan admin ni…

    plis komennya ya kak…

    kartika sari

    March 8, 2013 at 4:39 am

  192. gene tulisanmu yo apik lhe, tak juput intine, doake aq so melebu upn geologi yo dab,
    jossss pokoe tulisan mu

    Thomy Borzt

    March 31, 2013 at 10:18 am

  193. Barang gampang jgn di bikin susah..

    Kasihan yg punya Blok jd salah salah..

    Intinya klw tidak sreekkk.. dgn pilihan sendiri, musyawarahlah dgn keluarga dan senior yg pernah di jurusan itu sendiri

    jangan banyak tanya dan jangan banyak memilh bisa”
    ANDILAU
    ANtara DIlema dan gaLAU

    Amir

    April 29, 2013 at 5:22 pm

  194. Ka share ya,kalau untuk jurusan Kebidanan peluang kerja kedepanya gimana?
    makasih…

    Margita Silvi Anggraeni

    May 12, 2013 at 3:47 pm

  195. […] Jurusan Berprospek Cerah 5 Tahun Mendatang (dengan sedikit […]

  196. . kalau jurusan ilmu komunikasi gimna ya kak ? aku pngen bgt masuk ilkom tapi hrus ngambil IPC.. kira2 baiknya gimana ya kak ?

    Riza Listiana Sudrajat

    June 3, 2013 at 5:38 am

  197. Jelaskan sedikit tentang teknik industri karna saya lulus tes d teknik itu..?

    karim

    June 5, 2013 at 11:57 pm

  198. mau tanya kalau jurusan psikologi, gimana prosfek kedepannya,soalnya aku ambil jurusan ini,tapi masih bingung juga prosfek kerjanya jika sudah lulus s1, mohn penjelaswannya,sangat ditunggu.

    yulfiariza

    June 9, 2013 at 9:26 am

    • setahu saya, lulusan psikologi rata2 bekerja di bagian HRD dan training development dari suatu perusahaan…

      andhy

      June 9, 2013 at 6:45 pm

  199. Just sharing saja, saya lulusan D3 Teknik Sipil, dan bekerja di salah satu Oil Company terbesar lebih dari 10 tahun, dan saya menempati beberapa posisi dari Struktur Engineer, Pipeline Engineer, Planning Engineer, Rotating equipment hingga terakhir sebagai Sr. Construction Engineer.

    Ditempat saya bekerja, seluruh disiplin ilmu memiliki peluang dalam karir. (dulu saya beranggapan bahwa bekerja di Oil Company harus dari T Perminyakan, Tambang, Geologi, dll). dan saya yakin seluruh Oil company memerlukan semua disiplin ilmu. seperti: IPA (semua bidang teknik), bahkan teknik lingkungan, keperawatan dan FKM juga diperlukan, kalo IPS (Ekonomi, akutansi, psikologi, Hukum, administrasi, sastra english), Informatika/IT jelas sangat diperlukan.

    Intinya, apapun disiplin ilmu (jurusan) kita sangat berpeluang untuk bekerja pada perusahaan asing/besar.
    yang penting harus gigih berusaha & berdoa. karena sesungguhnya perusahaan besar memiliki kapsitas business yang besar pula.dan tentunya dari semua disiplin ilmu, dan mereka akan mencari “The right person for the right job”, jadi tetap semangat dan tetap tekuni apa yg menjadi pilihan jurusan yang ada.

    salam

    vince

    June 22, 2013 at 10:18 am

  200. buat yang minat geologi siap2 aja ngeliat batu sampe jereng.. mulai dari Gunung, bbukit sampe miskrokop isinya batu semua. sampe kepala jadi keras kayak batu. belum lagi siksaan senior selama 6 bulan. betis sama lengan bisa copot..

    candra

    June 26, 2013 at 3:57 pm

  201. menurut kalian , prospek statistika 5 tahun lagi gimana ya, makasih

    calista

    July 3, 2013 at 5:29 am

  202. Biaya kuliah untuk mendapatkan S1 di Universitas Negeri membutuhkan biaya total sebesar Rp.80jt, (UKT 10jt/semester), bila ditambah biaya total akomodasi 4 tahun/8 semester, sekitar Rp.80 jt. Maka total biaya kuliah dan akomodasi menjadi sebesar Rp.160jt. Bila Anda ditawarkan kuliah dengan biaya sebesar itu atau menerima uang Rp.160jt untuk modal/investasi ?

    Intinya sederhana, melanjutkan kuliah untuk bekerja atau untuk menimba ilmu ?

    Sekedar untuk menambah wawasan. Terima kasih.

    Budi

    July 12, 2013 at 8:10 am

  203. Mas…, kalau Teknik Planologi kedepannya gmn ??

    Adhim

    July 20, 2013 at 3:50 pm

  204. Mana jurusan paling bagus antara Geomatika , Geodesi, Geologi ? Jawab dong pliss

    izhadmift

    July 29, 2013 at 4:34 pm

    • geodesi dan geomatika jurusan ini hampir sama.. Keduanya sangat berprospek..

      candra

      August 29, 2013 at 2:41 am

  205. Ruang publik seperti ini sangat bagus dan informatif, cuma ada beberapa hal yang perlu ingin saya utarakan:
    1. Jurusan T.Perminyakan, Geologi, Kimia memang prospektif dari segi gaji, apalagi jika kerja di perusahan Oil, its ok, tetapi perlu diingat risikonya juga besar dan sangat kompetitif.
    2. Kiprah bendera UGM, ITB, UI, berkibar sangat kuatnya di percaturan perusahaan nasional bahkan internasional, dengan jalinan ikatan alumni yang kuat membuat adik2 yang masih kuliah menaruh harapan besar akan pundi2 rupiah dan bangga dengan bendera dari universitas masing2 mereka.
    3. Sementara universitas lainnya memang sebagai pelengkap.Walaupun ga juga…, hari gini masih ngandelin nama universitas, kulo anak UGM, gue anak UI lho…., dsb capek dech. Yang dibutuhkan itu kompetensi diri AKADEMIK YANG BAIK, KREATIF, JUJUR, dan ini yang paling penting SIKAP (Attitude) serta RELASI…, bahasa kerennya CHANEL.
    4. Pemikiran kuliah hanya ingin dapat kerja dan gaji yang tinggi, menurut saya pemikir buruh. mengapa tidak jadi PENGUSAHA/BISNIS MAN, asal tahu aja jika mau rupiah unlimitid jangan jadi babu perusahaan apalagi perusahaan asing, maka jadilah pengusaha (memang tidak serta merta langsung sukses, perlu proses).
    5. Bekerja perlu kenyamanan dan sesekali refreshing dan faktor keluarga(ortu, istri, anak, dll) itu sangat penting. hidup perlu seimbang sob….., ga melulu soal rupiah. Oh ya satu lagi kebanyakan orang yang kerja di Oil dan sejenisnya jarang punya lingkungan sosial, ya walaupun dikembalikan pada individu masing2.

    Tulisan ini hanya share dari pengalaman dan ngobrol dengan para teman, kenalan yang sudah sukses di bidang masing2. Setiap orang punya cara sendiri untuk hidup dan memperbaiki kualitas hidupnya.
    Jika ada pernyataan yang tidak berkenan mohon dimaafkan.

    Terima Kasih Semoga Bermanfaat.

    Ferry RS

    August 11, 2013 at 8:16 pm

  206. Kalo geodesi prospeknya bagus ga?

    febri

    August 27, 2013 at 7:43 am

    • sangat bagus sekali

      candra

      August 29, 2013 at 2:42 am

  207. Mas, mna yang lebih diincar perusahaan, teknik geologi ugm atau upn ??
    tks.

    Deni dirdayana

    October 28, 2013 at 10:30 am

  208. geofisika itu buta warna parsial boleh ap gak?

    trus jurusan ap saja yg gha bleh di masukin buta warna parsial?

    Aann Uunn

    January 11, 2014 at 10:40 am

  209. .kalau jurusan PWK prospek k.dpnnya gmna y??

    zahra

    January 19, 2014 at 10:44 am

  210. Cuman mau nanya. KLo jurusan biologi. menurut mas masih bersaing engga? terutama di bidang research?

    Azhar BIonerd

    March 7, 2014 at 2:27 pm

  211. mau tanya min…

    apa disemua di ugm sekaran t.geologi ospeknya masih 6 bulan juga ?

    willy

    March 14, 2014 at 4:07 am

  212. Kebetulan saya sekarang kls 3 SMA..saya sangat kebingungan mau ngambil jurusan ªƿª kak ? Setelah saya baca artikel ini saya Sangat tertarik ϑΐ bidang geologis & geofisika.. Sebelumnya saya mau nanya kak ?, ªƿª bedanya geologis & geofisika ?
    Apakah Kalo saya dari jurusan IPS bisa memasuki jurusan ϑΐ atas ?
    Terimakasih..

    Puput

    March 16, 2014 at 6:56 am

  213. mudah mudahan ini artikel bisa membantu saya.
    mau nanya nih mas.
    saya lulusan smk jurusan listrik 2011, dan saya bekerja di contraktor sudah 3 tahun lamanya sebagai pelaksana sipil.
    sekarang saya mau masuk mercubuana.
    tapi saya masih bingung untuk ambil jurusan sipil atau arsitektur.
    dan unutk rospek kedepanya gmn ya ?
    mohon beri saran dan bantuanya.
    trima kasih.

    Arezz

    July 5, 2014 at 12:17 pm

  214. assalamualaikum ,mw nanya..
    mana yang bagus antara teknik industri pertanian sama geofisika ?
    sekaligus prospeknya..
    tolong jawab secepatnya..
    makasi..

    arfa

    July 19, 2014 at 1:49 pm

  215. Reblogged this on Yudhia Nugrahani and commented:
    Setuju deh :)

    yudhia nugrahani

    August 5, 2014 at 5:33 am


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: